Strategi Mengerjakan Soal UN 2016


Tags: Soal UN Matematika 2016, prediksi soal UN, tips dan trik mengerjakan soal UN 2016.

Sebuah kesuksesan sedikit banyak dipengaruhi oleh persiapan dan strategi awal yang matang. Demikian juga untuk dapat lulus dan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam Ujian Nasional 2016, dibutuhkan persiapan dan strategi yang cerdas dalam pengerjaannya.
Berikut ini adalah beberapa tips dan trik mengerjakan soal-soal UN 2016 yang berlaku untuk seluruh mapel UN, baik soal UN SMP, ataupun soal UN SMA, serta sedikit tambahan metode atau cara cepat untuk mengerjakan soal UN matematika 2016.
Beberapa fakta yang harus diketahui terlebih dulu terkait dengan soal UN tahun 2016 yang akan dihadapi besok adalah:
  • Soal Ujian Nasional 2016 berbentuk multiple choice. Ini berarti se-blank-blank-nya pikiran anda masih tetap bisa menjawabnya.
  • Sistem penilaiannya menggunakan benar salah. Maksudnya adalah benar mendapat skor, salah tidak mendapat skor. Ini berarti tidak ada pengurangan skor saat anda salah menjawab.
  • Jumlah soal 40 atau 50 dengan waktu pengerjaan selama 120 menit. Dengan kata lain rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal adalah 2 - 3 menit.
  • Soal-soal UN dibagi menjadi 3 tingkat kesukaran: kelompok soal-soal mudah kurang lebih sebanyak 10%, soal-soal dengan tingkat kesukaran sedang sekitar 70%, dan soal-soal kategori sulit sebanyak 20%an.
Itulah beberapa fakta tentang soal UN yang harus dipahami terlebih dahulu karena akan berkaitan erat dengan strategi yang akan ditempuh dalam mengerjakan soal Ujian Nasional.
Strategi yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Lima belas menit sebelum ujian dimulai anda akan dipersilahkan untuk mengisi identitas diri. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati karena ada beberapa kasus yang gagal lulus UN gara-gara pengisian identitas yang tidak tepat.
  2. Sesaat setelah soal dibagikan dan waktu mengerjakan sudah dimulai segera anda baca soal nomor 1 dengan cepat. Sekiranya anda dapat menemukan jawabannya silahkan tandai pada pilihan jawaban yang menurut anda benar, kemudian lanjutkan ke nomor berikutnya. Jika ternyata anda tak punya gambaran jawaban yang benar maka jangan terpaku pada soal itu tetapi segera tinggalkan dan beralih ke nomor berikutnya. Demikian seterusnya sampai ke soal yang terakhir. Strategi ini akan menghindarkan anda dari kehabisan waktu dan belum sempat menjawab soal-soal yang mudah.
  3. Berikutnya adalah anda kembali lagi mencoba menjawab soal ujian dari awal. Akan tetapi untuk soal yang sudah anda jawab pada saat fase pertama tidak usah dibaca lagi. Cukup selesaikan soal-soal yang tadi belum terjawab. Analisis pilihan jawaban dan kalau mungkin persempit kemungkinan jawaban yang benar hingga tinggal 2 option saja. Selanjutnya cobalah mengingat-ingat lagi teori/rumusnya. Jika tetap tidak ingat maka gunakan logika atau penalaran anda. Pilihlah jawaban yang 'sreg' atau pas di hati.
  4. Sampai di sini yang tersisa adalah soal-soal yang sulit, yang tidak ada gambaran sama sekali untuk mengerjakannya serta tidak bisa dipersempit kemungkinan pilihan jawabannya. Ini adalah strategi pamungkas yang sebenarnya tidak dianjurkan, karena kemungkinan memilih jawaban yang benar tidak cukup besar. Sebelum anda melakukan strategi ini salinlah terlebih dahulu jawaban-jawaban dari soal yang sudah anda kerjakan di awal ke dalam LJK. Setelah itu analisislah jawaban yang sudah tercantum pada LJK. Hitung jumlah jawaban yang sudah dikerjakan per option dan pilih option yang paling sedikit. Misal jawaban B adalah yang paling sedikit maka semua soal yang belum terjawab anda isi dengan B semua. Strategi ini ditempuh dengan asumsi bahwa distribusi kunci jawaban menganut distribusi normal, dimana rata-rata per option adalah jumlah seluruh soal dibagi jumlah option +- 3. Contoh, untuk soal UN matematika jumlah soal adalah 40 dan option jawaban ada 5 buah, maka pada kunci jawaban rata-rata tiap option ada 8 buah.
Semakin banyak yang bisa anda kerjakan di langkah kedua maka semakin bagus nilai yang akan anda dapatkan, karena soal sulit yang harus anda kerjakan dengan strategi keempat akan semakin berkurang.
Demikian beberapa strategi umum yang bisa anda tempuh pada saat hari H pelaksanaan Ujian nasional 2016.

Update: 
Download Soal Latihan UN 2016
Latihan Soal UN SMA 2016Latihan Soal UN SMP 2016Latihan Soal UN SD 2016
Adapun strategi untuk mengerjakan soal UN matematika 2016, hampir 50an persen dapat anda kerjakan tanpa harus melakukan perhitungan yang panjang. Banyak soal UN matematika yang bisa anda kerjakan dengan penalaran. Beberapa penalaran itu diantaranya adalah dengan memasukkan angka atau pilihan jawaban ke dalam soalnya. Ini berlaku di hampir semua soal UN matematika yang bertipe persamaan / pertidaksamaan. Beberapa tipe lainnya seperti dimensi tiga yang terkait dengan menghitung jarak atau sudut pada kubus atau limas segitiga beraturan malah angka-angkanya bisa anda hapalkan karena yang keluar cuma itu-itu saja. 
Kalau anda tertarik saya sudah pernah mengupload modul yang berisi ringkasan materi/rumus-rumus matematika, contoh penyelesaian soal UN cara biasa dan smart solution serta beberapa soal
Prediksi Soal UN Matematika SMA 2016
Materi UN Matematika SMA 
Kumpulan Latihan Soal UN 2016

Terakhir, ada pepatah yang mengatakan "alah bisa karena biasa". Semakin anda sering dan terbiasa mengerjakan soal maka anda akan menemukan sendiri cara cepat atau smart solution untuk menyelesaikan soal UN Matematika. Maka, strategi yang menurut saya paling efektif dan dapat dipertanggungjawabkan dalam menghadapi soal UN adalah latihan, latihan, dan latihan
Sering saya mengatakan pada siswa-siswa saya di kelas; ketika anda sudah sering ketemu dengan soal UN matematika, bahkan hanya dengan memandang sekilas dan dikedipin saja sudah bisa ketemu jawabannya. Sedangkan untuk soal yang rada-rada sulit harus dipelototin baru ketemu jawabannya.
Jika anda ingin berlatih soal-soal saya juga mengupload beberapa soal try out hasil kerja MGMP matematika se-Kabupaten
Kumpulan Soal UN Matematika
 Contoh soal dan prediksi Ujian Nasional 2016

Akhirnya, selamat belajar dan berlatih. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon doa restu orang tua agar pada saatnya nanti mengerjakan soal UN diberi kelancaran serta kemudahan.

41 Responses to "Strategi Mengerjakan Soal UN 2016"

  1. Terima kasih pak atas tips dan triknya. pepatah "alah bisa karena biasa" memang tepat. hampir sama dengan "tresno jalaran soko kulino"

    ReplyDelete
  2. ini dia yang saya cari pak, makasih nih tipsnya, semoga saya bisa lulus UN dengan membaca tips ini, aamiin ! :D

    ReplyDelete
  3. UN saat sekarang ini menjadi hantu yang sangat menakutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hantu paan.. lebay ah

      Delete
  4. ya Allah semoga hamba luulus dengan nilai yang memuaskan

    ReplyDelete
  5. mudah mudah an un nanti bisa mulus da mendapat nilai yang memuaskan amin ya alloh ya robbal alamin:)

    ReplyDelete
  6. trik yg nmer 2 kmungkinan benarny berapa % ???

    ReplyDelete
  7. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas VSI , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, Asuransi,
    Kartu Kredit dan lain-lain. Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM.
    Penasaran Dengan Bisnis Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

    ReplyDelete
  8. Udah mau mendekati UN nih. Doakan saya dan teman teman lainnya yang mau menghadapi UN nanti, semoga di beri kelancaran, di mudahkan dalam menjawab soal soal, dan terakhir semoga bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Aamiin ya robbal alamiin..

    ReplyDelete
  9. Subhanallah. Trik nya sangat membantu. Semoga saya bisa mengerjakan nya dengan baik. Amin yaAllahh

    ReplyDelete
  10. AMINNNNNNNNN... SEMUA PASTI LULUS 100%

    ReplyDelete
  11. terima kasih pak atas tips dan triknya.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih telah berbagi, sangat bermanfaat posting'nya,. Saya dan seluruh peserta ujian nasional tingkat sma,smk dan sederajat se Indonesia akan menghadapi ujian matematika besok.. Saya harap semua peserta UN 2014 diberikan kemudah dalam menjawab soal dan semoga LULUS 100% dengan nilai yang memuaskan.. Mohon doa'nya kepada semua pengunjung... :-

    ReplyDelete
  14. Sebagian besar UN adalah momok bagi para siswa.

    ReplyDelete
  15. Trima kasih atas trik nya pak. Mudah-mudah an besok bisa menjawab semua soal dengan benar... Amin

    ReplyDelete
  16. saya sudah tahu pak.

    ReplyDelete
  17. Mantap... Mampir juga http://matematikakubisa.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Terima kasih min atas tips2ny

    ReplyDelete
  19. Tips yang sangat bermanfaat untuk adik-adik semua yang akan menghadai UN

    ReplyDelete
  20. un adalah yang buat kita bisa yang buat kita maju

    ReplyDelete
  21. Thanks gan sangat membantu ^_^

    ReplyDelete
  22. SEMOGA SAYA LULUS UN DAN NILAI YANG SANGAT MEMUASKAN AMIN AMIN YAROBBAL ALLAMIN

    ReplyDelete
  23. strateginya sangat membantu banget. Terima kasih..

    ReplyDelete
  24. Ngeri UN.. haha.. xD
    Tinggal 2 hari lagi..
    math apalagi.. xD

    ReplyDelete
  25. Ngeri UN.. haha.. xD
    Tinggal 2 hari lagi..
    math apalagi.. xD

    ReplyDelete
  26. biasanya kalo udah liat soal itu buyar. Walaupun orang yang pinter dikelas.

    Pengalaman saya.

    ReplyDelete
  27. Tema kasih.
    semoga Un saya besar semua.

    Amin

    ReplyDelete
  28. Terimakasih sangat...saya mau print tapi ngga bisa ya...

    ReplyDelete
  29. Tangks...
    mga Un besok hasilnya baik dan memuaskan "amin"

    ReplyDelete
  30. Mudah mudah UN 2015 Lulus 100% + nilai tinggi semua :)

    Aminn ...

    ReplyDelete
  31. terimah kasih pak..... semoga saya mendapatkan jumlah un yg memuaskan amin amin ya robbal alamin......

    ReplyDelete
  32. mudah mudahan saya mendapat nilai memuaskan UN besok
    terimakasih pak tips nya sangat membantu

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...