Permendikbud Kurikulum 2013 Terbaru dan Dokumen Pendampingan

Permendikbud No 59 tahun 2013 Kurikulum 2013
Tahun pelajaran 2014/2015 sudah berjalan kurang lebih 2 bulan. Kasak-kusuk suara tentang implementasi kurikulum 2013 di sana sini mulai terdengar kian santer. Di kalangan 'akar rumput' banyak yang berkeluh-kesah kesulitan memahami maksud dari kurikulum 2013. Beberapa guru lainnya mengeluhkan proses penilaiannya yang ribet dan 'ntritik'. Sebagian besar lainnya apatis dan masih saja mengajar dengan 'gaya lama' mereka. Demikian juga dari peserta didik muncul suara-suara. Sebagian besar mengeluh kesulitan memahami pelajaran dan harus menyelesaikan tugas-tugas yang seabreg. Di bagian lain juga masih saja ditemui kendala-kendala yang cukup membuat kerepotan dalam upaya mengimplementasikan kurikulum 2013, di antaranya adalah keterlambatan pendistribusian buku kurikulum 2013 dan ketiadaan buku pegangan guru untuk mapel peminatan. Hingga tulisan ini diturunkan, buku paket wajib kurikulum 2013 masih belum sampai di sebagian besar sekolah.
Ini baru sebagian kecil. Masih banyak permasalahan-permasalahan lainnya yang perlu segera mendapatkan perhatian terutama untuk sekolah-sekolah yang baru saja menerapkan kurikulum 2013.
Gambaran permasalahan di atas adalah sekedar eksposisi, bukan hendak mencari apa yang salah atau bagaimana yang semestinya. Itu semua adalah masalah bangsa, masalah kita bersama. Sudah semestinya kita mencari solusi dan mencoba menyelesaikan masalah secara bersama-sama. Upaya Pemerintah pun saya kira juga sudah cukup maksimal. Dari mulai penyiapan buku paket sampai ke pelatihan-pelatihan guru terkait implementasi kurikulum 2013 yang sampai saat ini terus berlangsung.
Dan sama seperti tahun kemarin, akan ada program pendampingan ke sekolah-sekolah terhadap guru-guru sasaran yang sudah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, untuk memastikan pemahaman yang benar tentang kurikulum 2013 serta memantau keterlaksanaan kurikulum 2013 mulai dari persiapan, proses dan pencapaian implementasi kurikulum 2013.
Untuk menunjang dan memberikan bahan pemahaman yang lebih lengkap tentang implementasi kurikulum 2013, berikut ini saya uploadkan beberapa dokumen dan materi terbaru tentang kurikulum 2013 hasil dari pelatihan Guru pendamping Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di Solo awal bulan oktober kemarin.
1. Pengembangan KTSP 
2. Panduan Matrikulasi lengkap per mapel
3. Panduan Pendalaman Minat
4. Pembelajaran Matematika
5. Model Peminatan 
6. Panduan mulok 
7. Materi pendampingan Kurikulum 2013
8. Pengembangan RPP 
Berikutnya saya uploadkan juga Permendikbud terbaru terkait kurikulum 2013 yang semoga saja sudah fix dan tidak mengalami perubahan yang krusial.
1. Permendikbud No 59 tahun 2014 tentang kurikulum SMA
Demikian postingan tentang Permendikbud Kurikulum 2013 Terbaru dan Dokumen Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013.
Jika anda tertarik, di dalam blog ini saya juga menulis beberapa permainan matematika dan tebakan-tebakan logika yang dapat digunakan sebagai selingan , trigger, ice breaker, atau menjadi bahan pembelajaran matematika itu sendiri.
Kalau anda tertarik silakan ke sini: Teka teki logika atau ke: kumpulan permainan matematika.
Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Permendikbud Kurikulum 2013 Terbaru dan Dokumen Pendampingan"

  1. terima kasih pak. saya download dulu..

    ReplyDelete
  2. Yang didampingi koq cmn permendikbud & dokumennya. Kalo dana pendampingnnya ga ada ya.. hee...

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...