Permainan Matematika dalam Pembelajaran

Tebak Tebakan logika, Games dan Permainan Matematika 

Selamat datang kembali di Blog Matematrick, tempat bersenang-senang melalui Permainan Matematika dan tebak tebakan Logika. Tak dapat dipungkiri matematika merupakan pelajaran yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisakah anda membayangkan bagaimana sulitnya menjalani kehidupan sehari-hari tanpa matematika? Tetapi ironisnya di sekolah keadaannya benar-benar bertolak belakang dengan realita. Dari jaman Diponegoro tidak punya hp sampai sekarang pelajaran matematika selalu menjadi momok. Tanyakan pada siswa maka sebagian besar akan merasa kesulitan dalam memahami matematika. Lebih buruk lagi motivasi dan minat belajar matematika menjadi sangat kurang sekali.
Sebagai guru kita perlu bertanya dan mencari tahu kenapa pelajaran matematika menjadi pelajaran paling 'buruk' di mata siswa dan hampir di sebagian besar sekolah pelajaran matematika mempunyai prestasi paling jelek.
Matematika tidak hanya ilmu yang mempelajari tentang penghitungan dan pengukuran, tetapi juga kemampuan menganalisa jika soal yang disajikan berupa cerita. Butuh strategi atau metode pembelajaran khusus yang mampu mengaktifkan tingkat kemampuan pemahaman siswa terhadap kemampuan ini agar apa yang mereka dapat lakukan tidak melulu hafalan dan prosedur sederhana. Pemerintah yang dalam hal ini terdiri dari pakar-pakar pendidikan dan guru-guru yang hebat terus mencari inovasi baru untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran matematika di sekolah. Yang masih menjadi pembahasan saat ini adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan penilaian otentiknya yang terus menuai kritik dan kontroversi. 
Untuk kelas saya, sering saya berikan alternatif pembelajaran dalam bentuk Game Matematika dan tebak-tebakan logika matematika untuk menciptakan iklim belajar aktif dan menarik.   
Selain dapat merangsang perkembangan kognitif dan psikomotorik, permainan dan tebak-tebakan matematika ini juga untuk meminimalisir kejenuhan siswa dikarenakan mereka berada dalam suasana belajar yang menyenangkan, bukan pada suasana yang membuat mereka bosan. Suasana belajar yang kondusif ini pada akhirnya dapat mempermudah pemahaman materi matematika oleh siswa, sehingga diharapkan hasil belajarnyapun meningkat.

Permainan Matematika dalam Kelas

Guru tidak akan kurang 'lakon' karena guru adalah dalang. Idiom tadi akan berlaku manakala guru senantiasa mengembangkan diri dan kompetensinya melalui proses belajar yang terus-menerus diantaranya dengan cara membaca dan mengikuti perkembangan teknologi terbatu yang semakin hari terasa semakin cepat.
Berikut ini akan saya coba bagikan beberapa ide terkait dengan tebak-tebakan logika yang dapat guru gunakan untuk menarik perhatian, minat dan partisipasi aktif siswa serta dapat membawa siswa ke dalam suasana belajar yang kondusif.
Ide ini beberapa saya dapatkan dari browsing dan membaca kemudian saya modifikasi seperlunya agar layak digunakan di dalam kelas.
Permainan ini saya gunakan ketika hendak mengajak siswa mempelajari bab tentang barisan bilangan. Hampir mirip dengan permainan lompat kodok yang sudah banyak di internet tetapi saya modifikasi dengan mengganti kodok dengan siswa.
Ini penampakan dari permainan lompat kodok itu:

permainan matematika
Permainan Matematika

Aturan mainnya adalah sebagai berikut:
Silakan anda klik pada kodok agar melompat, Tujuan akhir dari permainan ini adalah memindahkan ketiga kodok hijau ke sisi kanan, dan ketiga kodok coklat ke sisi kiri, dan membiarkan batu yang ditengah tetap kosong. Anda tidak akan bisa membuat kondok itu melompat, jika tepat di depannya ada dua kodok sekaligus. Anda juga tidak bisa membuat kodok melompat balik ke belakang lagi. Jadi, kodok hanya bisa melompat ke batu kosong yang berada tepat di depannya, atau melompati hanya sebuah kodok yang sama atau berbeda warna.
Untuk aplikasinya saya buat 9 kotak (ubin) berjejer dari kiri ke kanan. Kemudian saya buat siswa dalam kelompok masing-masing 8 orang. Empat orang di sisi kiri dan 4 lainnya di sisi lainnya saling berhadapan. Ubin yang tepat di tengah kosong sebagai tempat transit. Tujuannya adalah bertukar tempat dengan aturan sesuai dengan permainan lompat kodok di atas. Silahkan anda sesuaikan sendiri dengan kondisi kelas.
Demikian satu buah ide permainan matematika untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Untuk ide-ide permainan lainnya anda bisa melihatnya di sini :

Tebak-tebakan Lucu 

Tebak tebakan Logika Matematika. 

Atau anda bisa mencarinya melalui laman terkait di bawah posting ini.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Permainan Matematika dalam Pembelajaran, semoga ada manfaatnya. Untuk diskusi dan ide-ide perbaikan silakan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.

Tags: Permainan matematika, teka-teki logika matematika, game matematika dalam pembelajaran

6 Responses to "Permainan Matematika dalam Pembelajaran"

  1. wah...bagus tuh. tapi caranya bagaimana? kasih solusinya juga dong pak. makasih

    ReplyDelete
  2. share dong aplikasi permainannya...

    ReplyDelete
  3. keren game nya bisa mengisi kejenuhan http://azzaam.web.id

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...