Permainan Matematika - Menghubungkan Garis

Tags: silabus, prota, promes, RPP Matematika Kelas XII SMA Kurikulum 2013, permainan matematika TK SD

Selamat datang kembali di Matematrick, tempat anda belajar, bermain, dan bersenang-senang dengan matematika. Cukup lama saya tidak memposting tentang tebak-tebakan atau permainan matematika dikarenakan liburan kenaikan kelas dan idul fitri kemarin disibukkan dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, baik dari silabus, Prota, Promes, dan RPP
Untuk RPP matematika kurikulum 2013, karena tahun pelajaran 2015/2016 saya mendapat pembagian tugas mengampu di kelas XII MIPA dan IPS untuk matematika wajib, dan matematika peminatan untuk kelas XII MIPA, sementara pelatihan-pelatihan yang selama ini ada biasanya hanya menyinggung perangkat dan RPP Matematika SMA untuk yang keas X dan XI saja, maka untuk kelas XII SMA sayapun terpaksa harus mempersiapkannya sendiri. 
Banyak request yang masuk baik lewat komentar di blog matematrick ini ataupun via surel di ratnoklw(at)gmail(dot)com untuk dikirimkan perangkat pembelajaran matematika SMA, mulai dari RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 kelas X, RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 kelas XI, dan RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 untuk kelas XII
Untuk yang kelas X dan XI, perangkat pembelajaran komplit sudah saya upload beberapa waktu lalu di sini silabus-dan-rpp-matematika-wajib. Sedangkan untuk yang kelas XII, karena buku wajib dari pemerintah baru turun kemarin di awal-awal tahun 2015 maka baru sempat menyempurnakan RPP Matematika SMA kurikulum 2013 untuk kelas XII sekarang ini.
Sambil menunggu RPP ini jadi dan lebih layak untuk dibagikan maka kali ini saya akan coba sedikit memberikan beberapa permainan matematika yang semoga saja bisa memberikan inspirasi atau setidaknya intermezzo dari kesibukan dan kepenatan.
Postingan saya kali ini tentang puzzle matematika menghubungkan garis dan panjang sisi bangun datar.
1. Perhatikan gambar berikut berikut:
permainan matematika menghubungkan garis
Permainan ini seperti permainan yang pernah kita lakukan pada waktu masih duduk di bangku TK. Silahkan anda hubungkan angka yang sesuai dengan sebuah garis, akan tetapi jangan sampai ada garis yang saling berpotongan ataupun keluar dari segi empat merah.
Permainan ini mudah, tidak menuntut ketrampilan berhitung ataupun menghafal rumus. Tetapi dibutuhkan kejelian, , kemauan, semangat, dan berani mencoba untuk menyelesaikannya.

Jika anda menganggap permainan ini terlalu mudah dan terkesan 'meremehkan' kemampuan anda, berikut saya berikan versi lainnya.
2. Perhatikan gambar segitiga di bawah ini:
permainan matematika segitiga ajaib
Untuk solusinya saya taruh di bawah postingan ini. 
Demikianlah sedikit intermezzo berupa permainan dan tebak-tebakan logika yang semoga dapat bermanfaat untuk anda para pembaca. 
Untuk anda yang membutuhkan perangkat pembelajaran baik mulai dari silabus, prota, promes, dan RPP Matematika Kelas XII SMA Kurikulum 2013 mohon bersabar barang beberapa hari lagi karena masih dalam tahap teview dan penyempurnaan. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Untuk sekedar bertegur sapa ataupun berkorespondensi lebih intens silahkan tinggalkan jejak anda melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Apresiasi dari anda sedikit banyak akan menambah semangat menulis saya. Salam.

4 Responses to "Permainan Matematika - Menghubungkan Garis"

  1. wah ini bisa membantu untuk pembalajaran matematika

    ReplyDelete
  2. sederhana tapi sebenarnya cara berpikir yang paling dituntut ya gan...walau kayak aplikasi penghubung garis seperti di Tk namun jauh beda karena harus tidak ada garis yang terpotong

    ReplyDelete
  3. sederhana dan mikir juga ya gaman garisnya pergi. hehehehe.
    makasih kang

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...