Permainan Matematika Statistika - Ukuran Pemusatan

Permainan tebak-tebakan matematika yang kali ini akan kita bahas adalah tentang materi statistika yang dipelajari pada saat kelas XI SMA. Materi statistika lingkupnya cukup luas dan mengharuskan kita paham rumus-rumus yang cukup banyak mulai dari:
  • deskripsi data dalam bentuk tabel, diagram, histogram, ogif, dan grafik
  • ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)
  • ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil)
  • ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan rata-rata, varians, dan standar deviasi)

Berikut ini saya postingkan sebuah permasalahan statistika menentukan mean/rata-rata yang dibungkus dalam bentuk tebak-tebakan logika matematika. Selain penguasaan konsep tentang menentukan rata-rata juga dibutuhkan penalaran dan berpikir kreatif untuk menyelesaikannya. Berikut permasalahannya:
Andi mempunyai 6 orang sahabat masa kecil. Mereka semua pergi merantau bekerja di tempat dan posisi yang berbeda. Hanya Andi seorang yang tetap tinggal di desa dan bekerja sebagai pegawai kantoran di kampungnya sendiri. Pada waktu libur hari raya mereka berenam pulang dari rantau dan berkumpul di rumahnya Andi. Seperti layaknya sahabat yang tidak pernah berjumpa sekian lama mereka saling berbagi cerita masa lalu dan hidup mereka masing-masing di perantauan. Suatu saat Andi terpikir untuk mengukur capaian keberhasilan mereka dari sudut pandang finansial. Andi ingin tahu berapa rata-rata gaji mereka per bulan, tetapi tidak ada satupun dari mereka termasuk Andi yang ingin mengungkapkan besarnya gaji mereka sendiri. Dapatkah Anda membantu menghitung berapa besarnya rata-rata gaji mereka bertujuh tanpa harus mengetahui besarnya gaji masing-masing?
Solusi dari permasalahan ini saya postingkan di paling akhir. Silahkan anda coba jawab terlebih dahulu tebak-tebakan di atas menggunakan logika dan penalaran sebelum memutuskan untuk menyerah dan mengintip kunci jawabannya. 
Demikianlah permainan tebak-tebakan matematika tentang materi statistika. Anda dapat menggunakan permainan tebak-tebakan matematika ini ketika ingin menarik perhatian dan minat siswa sebelum memasuki materi statistika. Jika Anda tertarik dengan permainan-permainan matematika lainnya silahkan anda klik tautan terkait di bawah postingan. 
Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca, semoga ada manfaatnya. Salam.

Awalnya Andi sebagai orang pertama memilih suatu nominal/angka acak yang tidak mudah ditebak (misal Rp. 3.257.439,-) kemudian dia menambahkannya dengan gajinya sendiri. Hasil penjumlahan itu kemudian dia bisikkan ke orang kedua. Orang kedua menambahkan angka yang didapat dari Andi dengan gajinya sendiri kemudian membisikkan hasilnya kepada orang ketiga. Demikian seterusnya sampai pada orang terakhir/ketujuh. Orang ketujuh itu setelah menambahkan dengan gajinya sendiri kemudian membisikkan hasil akhirnya kepada Andi. Andi kemudian mengurangi hasil akhir tersebut dengan angka acak yang dipilihnya di awal tadi. Hasil akhirnya kemudian dibagi tujuh sehingga ketemulah nilai rata-rata gaji mereka bertujuh tanpa seorangpun yang  tahu nilai gaji masing-masing per orang.

0 Response to "Permainan Matematika Statistika - Ukuran Pemusatan"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...