Permainan Angka - Jumlah dan Hasil Kali Bilangan

permainan tebak-tebakan angka
Selamat datang kembali di Matematrick. Cukup lama saya tidak memosting tulisan dikarenakan banyak hal. Kali ini saya akan sajikan sebuah permainan matematika menebak angka yang masih ada keterkaitannya dengan pelajaran matematika bab permutasi dan kombinasi. Berikut ini jalan ceritanya:
Pada suatu hari di kelas XI IPA ada sepasang siswa dan siswi--Rana dan Rama, sedang berdiskusi tentang pelajaran matematika yang baru saja diajarkan, yaitu tentang materi kombinasi dan permutasi. Kedua siswa ini termasuk siswa-siswa yang cukup cerdas dan tanggap dalam pelajaran matematika. Berikut ini yang mereka diskusikan:
Rana menuliskan di papan tulis himpunan bilangan {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Kemudian kepada Rama ia mengatakan akan memilih 5 buah bilangan dan hasil kali kelima bilangan itu disebutkan kepada Rama. Tugas Rama adalah menebak hasil penjumlahan dari kelima bilangan tersebut, apakah ganjil atau genap. Setelah agak lama berpikir Rama menyatakan menyerah tidak bisa menentukan apakah hasil penjumlahan kelima bilangan itu ganjil atau genap. Rana tersenyum penuh kemenangan karena ia tahu bahwa memang tak cukup informasi yang diberikan kepada Rama untuk menjawabnya. Pertanyaan untuk para pembaca, berapakah bilangan yang disebutkan Rana kepada Rama?
Silahkan anda tempatkan diri anda sebagai Rama dan analisislah bilangan berapakah yang disebutkan oleh Rana.
Untuk penyelesaian/solusi saya sertakan di bagian paling akhir dari postingan ini. Tetapi mohon dicoba dulu karena apa asyiknya sebuah tebak-tebakan atau permainan jika sudah diketahui kunci/cheatnya? :)
Jika anda tertarik dengan permainan angka lainnya anda mungkin bisa menuju ke sini:
Permainan matematika Persegi Ajaib
Demikianlah postingan tentang permainan tebak-tebakan angka dalam pembelajaran matematika. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Mohon tanggapannya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Salam.

Jawabnya adalah 420.
Penjelasannya : 

Menyebutkan hasil kali 5 buah bilangan yang dipilih sama saja dengan mengatakan hasil kali dari 2 buah bilangan yang tidak terpilih, dan satu-satunya hasil kali yang mungkin dihasilkan oleh lebih dari satu pasang angka adalah 12 dan 6.
Kasus 1: 12 dihasilkan dari { 3 , 4 } dan { 2 , 6 }
Kasus 2: 6 dihasilkan dari { 1 , 6 } dan { 2 , 3 }.
Jelas bahwa jumlah ketujuh bilangan adalah ganjil.
Dalam kasus kedua , jumlah dari kedua pasangan adalah ganjil (1+6 dan 2+3), sehingga jumlah dari lima nomor yang dipilih bisa ditebak ganjil juga . 
Sedangkan untuk kasus yang pertama tidak bisa ditentukan apakah jumlah keduanya ganjil atau genap (antara 3+4 atau 2+6). Maka jelas kasus pertamalah yang mungkin, karena Rama tidak bisa menentukan apakah hasil penjumlahan kelima bilangan ganjil atau genap. Jadi hasil kali kelima bilangan yang disebutkan Rana adalah (1x2x3x4x5x6x7):12=420.

0 Response to "Permainan Angka - Jumlah dan Hasil Kali Bilangan"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...