Teka-Teki Unik

Teka-Teki Silang dan Unik dalam Bahasa Inggris

Pemberian teka teki silang dalam pembelajaran Bahasa Inggris ataupun teka teki yang lucu dan unik adalah beberapa alternatif teknik pembelajaran yang cukup efektif untuk merangsang minat dan menarik perhatian siswa. Dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013 mata pelajaran tidak berdiri sendiri melainkan terikat oleh SKL. Pembelajaran kolaboratif yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu kegiatan adalah diniscayakan. Mata pelajaran terutama yang paling sering dikeluhkan oleh siswa adalah matematika dan bahasa inggris. 
Kesulitan belajar matematika dan bahasa inggris terutama dialami oleh siswa pada sekolah yang gurunya masih menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat teacher centered sehingga proses belajar kurang bermakna bagi siswa. Kekurang-bermaknaan ini meng-akibatkan rendahnya minat dan  pemahaman siswa terhadap materi ajar serta berdampak pula pada hasil belajar siswa yang belum tuntas atau kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal.
Oleh sebab itu, guru harus menyajikan pembelajaran secara konkret dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa melalui permainan atau puzzle. Permainan puzzle bisa diaplikasikan dalam bentuk permainan menyusun kata atau gambar, teka-teki, ataupun tebak tebakan logika.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan teka-teki silang dalam Bahasa Inggris dan tebak tebakan logika dalam bahasa inggris. Ada beberapa teka-teki yang lucu, unik dan kadang membutuhkan logika tingkat dewa untuk menjawabnya. Teka-teki silang dalam Bahasa Inggris biasanya cukup efektif diaplikasikan dalam rangka mengenalkan anak pada vocabulary. Teka-teki silang atau 'crossword puzzles' merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk melatih penguasaan vocabulary yang siswa miliki. Selain bermanfaat untuk mengasah otak dan menghilangkan rasa jenuh, teka-teki silang dalam Bahasa Inggris juga dapat dijadikan media alternatif di dalam pembelajaran. Guru dapat meminta  siswa membentuk beberapa kelompok kemudian setiap kelompok diberikan sebuah teka-teki silang dalam bahasa inggris lalu mereka diminta mengisi TTS tersebut secara berkelompok. Selain suasana pembelajaran lebih menyenangkan, siswa juga terbiasa bekerja berkelompok, berkolaboorasi/bekerja sama menyelesaikan suatu masalah bersama dengan teman-temannya. 

Di bawah ini ada beberapa teka-teki silang (TTS) dalam bahasa inggris yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran ataupun sekedar untuk intermezzo di tengah jam-jam sibuk/ngantuk.

Berikut ini tampilan Teka-teki silang dalam Bahasa Inggris :
teka-teki silang dalam Bahasa Inggris
teka-teki silang dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan mendatar
1. a baby sheep
5. the famous animal from Australia
9. a baby dog
10. an animal that gives dengue fever
11. the animal that lives in the hair or fur
12. an animal that always makes chirp
14. a male chicken
15. a female chicken

Pertanyaan Menurun
1. the king of the jungle
2. an wild animal that lives in swamp and river
3. an animal that helps police
4. An animal that lives in desert
6. a baby cat
7. The animal that has eight legs
8. An animal that helps farmer to dig up fields
9. the famous animal from China
12. the animal that produces honey
13. an animal that produces milk

Baca juga : Tebak-tebakan lucu dan unik

Itulah contoh teka teki silang dalam bahasa Inggris. Berikutnya saya akan berikan contoh tebak tebakan logika dalam Bahasa Inggis. Silahkan disimak:

1. Problem: Black and White Hats
Situations: Cannibals ambush a safari in the jungle and capture three men. The cannibals give the men a single chance to escape uneaten.The captives are lined up in order of height, and are tied to stakes. The man in the rear can see the backs of his two friends, the man in the middle can see the back of the man in front, and the man in front cannot see anyone. The cannibals show the men five hats. Three of the hats are black and two of the hats are white. Blindfolds are then placed over each man's eyes and a hat is placed on each man's head. The two hats left over are hidden. The blindfolds are then removed and it is said to the men that if one of them can guess what color hat he is wearing they can all leave unharmed. The man in the rear who can see both of his friends' hats but not his own says, "I don't know". The middle man who can see the hat of the man in front, but not his own says, "I don't know". The front man who cannot see ANYBODY'S hat says "I know!" 
How did he know the color of his hat and what color was it?

2. Problem: About ages
When asked how old she was, Rana replied “In two years I will be twice as old as I was five years ago”. How old is Rana? 

3. Problem : Ages
The ages of Rama and her mother add up to 66. The mother’s age is the Rama’s age reversed. How old are they?

Itulah beberapa contoh tebak tebakan unik dan logika matematika yang harus menggunakan penalaran cukup tinggi. Silahkan dicoba diselesaikan dan dicari solusinya. Jika sudah mentok silahkan cari solusinya di bagian akhir tulisan ini.

Penggunaan permainan tebak tebakan atau teka teki dalam pembelajaran dapat memberi kebermaknaan belajar bagi siswa. Hal ini dikarenakan mereka berada dalam suasana belajar yang menyenangkan, bukan diperhadapkan pada suasana yang membosankan. Kebermaknaan tersebut dapat mempermudah pemahaman materi ajar oleh siswa, sehingga hasil belajarpun meningkat.
Dengan demikian, pembelajaran yang dilakukan tidak lagi bersifat book-oriented. Strateginya pun berubah dari teacher centered menjadi student centered. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan pada kegiatan saintifik kurikulum 2013 yang harapannyamampu meningkatkan keaktifan dan konsentrasi siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Peningkatan positif ini juga diikuti dengan meningkatnya pemahaman dan hasil belajar mereka terhadap materi  yang diajarkan.
Demikianlah postingan tentang teka-teki silang dan tebak-tebakan unik dalam Bahasa Inggris, terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.
teka-teki silang dalam Bahasa Inggris
Jawaban teka-teki silang dalam Bahasa Inggris

Dapatkan artikel terbaru:

2 Responses to "Teka-Teki Unik"

  1. Sangat bermanfaat terutama untuk anak sekolah dalam menghadapi pelajaran sekolah. dan praktis tinggal lihat di internet. terima kasih banyak

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.