Soal Matematika Paling Sulit Sedunia

Soal Matematika Paling Sulit Sedunia | Selamat datang di Blog Matematrick. Jika Anda menemukan artikel ini melalui kolom pencarian di google dengan kata kunci "soal matematika paling sulit", maka saya perlu mengapresiasi keingintahuan Anda terkait dengan matematika. Saya yakin Anda adalah salah satu dari dua golongan manusia ini; seseorang yang mempunyai kemampuan matematika level expert penyuka tantangan, dimana soal-soal rutin matematika tidak lagi menjadi masalah yang berarti. Atau Anda adalah termasuk golongan manusia kreatif dengan kemampuan matematika biasa saja tetapi mempunyai rasa penasaran tinggi terhadap segala sesuatu sehingga mempunyai inisiatif mencari soal matematika tersulit di dunia yang belum terpecahkan.
Tidak menjadi masalah Anda golongan yang mana--bahkan meskipun tidak diantara kedua golongan yang saya sebutkan di atas, karena Anda sudah sampai di sini maka saya harap Anda mempunyai keberanian untuk meneruskan membaca postingan ini sampai selesai kemudian mencoba menemukan solusi dari soal matematika paling susah di dunia yang akan saya sajikan di bawah.
Sebelum kita ke permasalahan, terlebih dahulu akan saya uraikan sedikit tentang hakikat permasalahan matematika.

Permasalahan Matematika

Apakah yang dimaksud dengan permasalahan matematika itu? Soal seperti apakah yang termasuk masalah matematika? Jika misalnya anda sudah pernah mendapat soal tersebut dan juga sudah tahu langkah-langkah pengerjaannya, apakah soal tersebut masih dikategorikan sebagai masalah bagi anda?
Menurut sebagian besar ahli Pendidikan Matematika pengertian masalah matematika adalah pertanyaan yang harus dijawab atau direspon. Namun mereka menambahkan bahwa tidak semua pertanyaan otomatis akan menjadi masalah matematika. Jadi, suatu pertanyaan akan menjadi masalah bagi anda hanya jika pertanyaan itu merupakan suatu tantangan yang tidak dapat dipecahkan menggunakan prosedur rutin yang sudah diketahui.

Kenapa soal matematika susah diselesaikan?

Sekarang, bagaimana dengan soal matematika yang sulit, apakah semua soal matematika yang sulit termasuk masalah matematika? Untuk pertanyaan yang ini jawabannya tidak sesederhana ya atau tidak saja. Yang menjadi masalah pertama adalah ukuran sulit itu sendiri relatif, tidak mutlak. Terkadang dua orang yang sama-sama siswa SMA diberikan soal sejenis, yang satu mengatakan sulit, yang satunya mengatakan tidak masalah. Bahkan siswa sekarang (yang saya ajar) kecenderungannya ada yang 'manja' ketika menghadapi soal matematika; sudah diberikan prosedur dan contoh pengerjaannya tetapi karena tidak fokus, soal yang semestinya mudah dikatakan sulit. He..curhat sedikit.

Kembali ke masalah soal matematika yang paling sulit. Saya akui sebenarnya itu terlalu berlebihan. Kalau melihat dan menilai soal yang akan saya sajikan di bawah ini, saya kira itu bukanlah kategori soal matematika paling sulit. Tetapi. karena sasaran pembaca dari blog matematrick ini adalah siswa-siswa SD, SMP, SMA, maka saya bisa mengatakan itu termasuk teka-teki matematika paling susah untuk dipecahkan. Penasaran soalnya seperti apa? Berikut saya sajikan tiga buah soal matematika tersulit untuk siswa SD, SMP, SMA untuk anda pecahkan.

Soal matematika tersulit sedunia

1. Soal matematika tersulit yang pertama adalah tentang barisan dan deret bilangan. Soal jenis seperti ini bertebaran di blog dan facebook dengan tingkat kesulitan yang bervariasi dan umumnya gampang menjadi viral. Bab tentang barisan dan deret bilangan diajarkan di bangku SMP dan dilanjutkan pembahasannya di tingkat SMA. Silahkan Anda utak-atik soal di bawah ini.

soal matematika tersulit sedunia


2. Soal tentang peluang kejadian. Soal matematika paling sulit berikutnya adalah tentang menentukan nilai peluang dari suatu kejadian. Materi matematika bab peluang diajarkan di tingkat SMP dan diperdalam lagi di bangku SMA. Berikut ini soalnya:

soal matematika paling sulit



3. Soal tentang operasi matematika sederhana. Sangat gampang sekali. Seputar aturan matematika terkait dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika pada saat duduk di bangku SD Anda memperhatikan dengan sungguh-sungguh yang diajarkan Bapak/Ibu guru tentang pelajaran matematika bab ini saya yakin Anda akan dengan mudah menjawabnya.

soal matematika paling susah sedunia


Demikianlah postingan tentang soal matematika tersulit di dunia. Saya harap Anda tidak terpengaruh dengan judul di atas, karena seringnya sulit atau tidaknya suatu soal dipengaruhi oleh asumsi awal pikiran yang mempengaruhi tindakan dan kemampuan Anda dalam menyelesaikan soal tersebut. Katakan mudah dan coba lakukan apa yang Anda bisa niscaya akan terbuka jalan penyelesaian.
Salam.

POSTINGAN TERKAIT:

27 Responses to "Soal Matematika Paling Sulit Sedunia"

  1. hehehe, math.. masih sy hindari hingga saat ini, berharap satu hari nanti bisa dikemas menarik dan mnyenangkan

    ReplyDelete
  2. yang pertama itu 2
    yang ke-dua kayaknya 50%
    yang ketiga 54

    ReplyDelete
  3. Yg pertama jawabannya 2 (krn selisih deretannya bilangan prima)
    Yg kedua jawabannya 50%
    Yg ketiga jawabannya 6
    Itu jawaban menurut aku, ga tau salah atau benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1/ 2 40 dua pola
      2/ 25%
      3/ 32:2(3)=18*3=54

      Delete
    2. Yangbjedua 60 peraen karena jawaban 25 nya ada 2

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Tri Wahyuni Vihar NovianaSeptember 8, 2016 at 7:55 PM

    no.1 menurut gue jawabannya 64

    ReplyDelete
  6. 1. (-8) karena polanya 20,21,23 dst , + 1,+2,+2,+2,+6
    Pola 2 , -2,-4,-4,-4,-12, bil terakhir, -12
    2.___ 100%:2 =
    3. Ingat kabataku, kalibagi tambah kurang :) jawabanya 6 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf seingat saya derajat tambah kurang itu sama, kali bagi itu sama. jadi dihitung yang didepan.

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. jawaban yg nomor 1
    mengikuti pola bilangan prima
    betulkan min???

    bilangan prima yg urutan.x ganjil sebagai pengurang
    bilangan prima yg urutannya genap sebagai penambah

    jadi:
    20 - 2 =18 2 bil prima urut ganjil
    18 + 3 =21. 3 bil prima urut genap
    21 - 5 = 16
    16 + 7 = 23
    23 - 11 =12
    Dan seterusnya

    ReplyDelete
  9. No. 1, -2
    No. 2, 50%
    No. 3, 36÷2(6-3) = 18(6-3) = 108 - 54 = 54
    ✔✔
    Itu kalau versi saya,...

    ReplyDelete
  10. 1. -8
    2. 25% karena, itu pilihan ada 4, jadi peluang 25%
    3. 54 karena nanti akhirnya 18x3

    ReplyDelete
  11. 1. -8
    2. 25% karena, itu pilihan ada 4, jadi peluang 25%
    3. 54 karena nanti akhirnya 18x3

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. 1. 0
    2. 50%
    3. 50 tolong dikoreksi.

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.