Permainan Teka Teki Logika

Permainan Teka-Teki Logika - Matematrick.com
Berikut ini saya sajikan beberapa permainan teka teki logika yang menuntut sudut pandang dan jawabannya yang berbeda dengan pada umumnya. Istilah yang sering dipakai adalah berpikir di luar kotak atau 'out of the box'. Atau biasa juga disebut 'lateral thinking'.

Teka-teki logika ini tidak bisa jika dijawab dengan berpikir datar dan normal. Ini untuk orang 'gila', tipe pemberontak, pembuat onar, orang nyeleneh, tongkat bulat di lubang persegi, mereka yang melihat segala sesuatu dengan cara berbeda. Umumnya mereka tidak menyukai aturan, anti kemapanan, dan anti mainstream. Boleh jadi di lingkungan pergaulan mereka dipuji atau sebaliknya dicaci, dianggap aneh. Umumnya mereka suka berujar kontroversial, bertindak tidak seperti umumnya, menyikapi keadaan dengan terbalik.
Di sinilah kejeniusan mereka, menggugat keadaan, mendorong ke kemajuan dan yang akan mengubah dunia.

think out of the box

Beberapa pertanyaan dan teka-teki logika berikut untuk mengetes Anda, apakah anda mampu berpikir lateral; melihat dan menjawab permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.
Mari kita coba.

Permainan Teka teki logika

Seorang wanita berkebangsaan Jepang lahir pada tahun 1942 tetapi merayakan ulang tahun ke-17 baru-baru ini. Mengapa?

Ada berapa banyak pasang spesies binatang yang dibawa Nabi Musa ke dalam kapal saat terjadi banjir bandang?

Olahraga apa yang menggunakan sepatu terbuat dari logam?

Seorang pria didorong keluar dari pesawat kecil, tanpa parasut tapi selamat tanpa cedera parah, hanya sedikit memar. Bagaimana mungkin?

Bagaimana cara Anda bisa melempar bola sekeras yang Anda bisa, dan membuatnya berhenti dan kembali ke Anda, tanpa menggunakan alat memukul atau alat bantu apapun?

 Apa yang dapat Anda pegang menggunakan tangan kanan, tapi tidak bisa menggunakan tangan kiri Anda?

Perhatikan urutan abjad berikut ini :SSRKJS Huruf apakah selanjutnya?

Seorang petugas ronda selesai keliling kampung dan kembali ke posnya tepat jam 12 malam. Pada saat itu ia melihat di depannya ada 10 batang korek api tergeletak di bangku poskamling. Dia mengambil hanya satu batang korek api dari 10 batang korek api itu. Sekarang dia melihat ada 5 di depannya. Bagaimana ini mungkin?

Seorang pria hendak melintas perbatasan negara menggunakan sepeda motornya. Ia membawa tiga karung besar di sepeda motornya. Seperti biasanya petugas di perbatasan menghentikannya dan bertanya, "Apa yang kau bawa dalam karung?"
"Pasir," jawab pria itu.
Penjaga itu mengatakan, "Boleh saya periksa? Mohon turun dari sepeda motor. "
Penjaga perbatasan itu kemudian mengambil karung dan merobeknya secara terpisah satu per satu. Ia mengosongkan semua karung, mengeluarkan semua pasir dan memeriksa adakah sesuatu di dalamnya. Tapi yang didapat petugas itu hanya pasir saja dan tidak ada sesuatu di dalamnya. Dia menahan pria itu semalam dan mengambil pasir untuk dianalisis. Tetapi, sekali lagi ia hanya menenmukan fakta bahwa itu adalah benar-benar pasir murni. Penjaga lalu melepaskan pria itu, menaruh pasir ke dalam kantong yang baru, dan menaruhnya ke bahu pria itu. Dia pun diijinkan menyeberangi perbatasan.

Seminggu kemudian, kejadian yang sama terjadi. Petugas perbatasan kembali bertanya, "Apa yang kau bawa?"
"Pasir," kata pria itu.
Petugas melakukan pemeriksaan menyeluruh lagi dan hasilnya tetap sama, karung-karung itu tidak berisi apa-apa kecuali pasir. Dia memberikan kembali pasir kepada pria itu dan mengijinkannya melintasi perbatasan.

Kejadian seperti itu berulang setiap minggu selama tiga tahun berikutnya. Hingga pada suatu hari, pria itu tidak lagi muncul. Petugas perbatasan bertemu dengan dia di sebuah cafe di kota. Petugas berkata, "Aku tahu kau menyelundupkan sesuatu tapi aku selalu gagal menemukannya,dan itu membuatku frustasi. Kejadian ini terus saya pikirkan. Aku bahkan tidak bisa tidur. Sekarang hanya antara kau dan aku, apakah sebenarnya yang kau selundupkan? "
Bisakah Anda menebak apa yang pria itu selundupkan?

Demikianlah beberapa permainan teka-teki logika yang bisa saya sajikan untuk mengetes cara berpikir Anda. Jika separuh dari teka-teki di atas dapat anda jawab dengan benar maka bisa saya katakan bahwa anda termasuk orang-orang hebat yang mempunyai pola pikir tidak biasa. Salam.

1 Response to "Permainan Teka Teki Logika"

  1. - Wanita Jepang: Karena ia menjumlahkan angka yang terdapat pada tahun lahirnya, sehinga ia menganggap tahun berikutnya usianya bertambah 1 tahun (menjadi 17 tahun)

    - Pria yang di dorong dari pesawat: Karena pesawatnya adalah pesawat sederhana

    - Melempar bola: Melempar diri sekeras mungkin dengan bola tetap berada di dalam genggaman

    - Yang bisa dipegang oleh tangan kanan tapi tidak bisa dipegang oleh tangan kiri: Pergelangan tangan kiri

    - Pria dan petugas di perbatasan: Yang diselundupkan adalah sepeda motor

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...