Sulap Matematika: Cara Membuat Persegi Ajaib 4x4

Permainan matematika persegi ajaib 4x4 | matematrick.com
Trik sulap matematika persegi ajaib 4x4 ini sebenarnya tidaklah terlalu rumit, akan tetapi akan terasa 'magic'nya manakala anda berhasil mengemasnya dengan baik. 
(Catatan: permainan ini pernah saya lihat di televisi, dilakukan oleh dedy Corbuzier dan Joe Sandy di hadapan penonton di studio. Mereka mendapat ketenaran dan tentu saja uang hanya dengan trik matematika sederhana ini. Sedangkan saya mempraktekkannya di dalam kelas, dengan sedikit modifikasi, dan berhasil mendapatkan applaus dari siswa. Setimpal.. :))

Deskripsi singkat permainan persegi ajaib 4x4:

Mintalah salah seorang siswa untuk memilih angka dua digit sembarang. Kemudian anda menggambar di papan tulis persegi-persegi berukuran 4 x 4 dan mengisikan angka ke dalamnya dengan cepat.
Kemudian tunjukkan 'magic'nya. Jumlah angka baik itu secara mendatar, horisontal, diagonal, empat angka di tengah, angka di pojok-pojok sama dengan angka yang disebutkan oleh siswa tadi.

Persiapan untuk bermain persegi ajaib

Hal pertama yang harus anda lakukan agar trik permainan persegi ajaib ini berhasil adalah belajar di malam hari sebelum 'show'. Ya, saya serius. Saya dulu belajar, menghafal, memahami, mensimulasikan permainan ini beberapa kali sampai saya yakin semua berjalan sesuai yang diinginkan. Termasuk pula memikirkan skenario-skenario jika saja ada hal-hal yang berjalan tidak sesuai rencana.

Yang harus anda pelajari adalah formasi standar persegi ajaib 4x4 seperti gambar di bawah ini.

Persegi Ajaib 4x4
Persegi Ajaib 4x4 berjumlah 34

Sebenarnya ada beberapa variasi formasi persegi ajaib 4x4 yang bisa digunakan, tetapi untuk permulaan lebih baik anda fokus dulu pada satu bentuk formasi pengisian persegi seperti di atas.
Perhatikan letak dan urutan angkanya. Pahami susunannya dan hafalkan. Kemudian tuliskan beberapa kali di kertas sampai anda yakin sudah mampu menuliskan ulang tanpa melihat lagi. 

Tips:
salah satu cara untuk mengingat posisi angka yaitu bisa melihat letak angka 1 dan 8, 2 dan 7, 3 dan 6, serta 4 dan 5. Mereka saling berpasangan dan masing-masing jumlahnya sama; 9. 
Lihat gambar berikut:

Cara mengisi persegi ajaib 4x4
Cara mengisi persegi ajaib 4x4

Selanjutnya perhatikan posisi angka berikutnya, yaitu angka 9, 10, 11, dan 12.
Peletakannya runut mulai dari bawah naik ke atas. Ingat-ingat.

Cara membuat persegi ajaib 4x4
Cara membuat persegi ajaib 4x4

Langkah berikutnya adalah menentukan posisi 4 angka terakhir, yakni 13, 14, 15 dan 16. Ingat tips yang pertama tadi? Kalau tadi dua angka berpasangan jumlahnya = 9, maka kali ini juga sama, dua angka berpasangan tetapi jumlahnya adalah 25.
Lihat gambar:
Cara membuat persegi ajaib 4x4
Cara membuat persegi ajaib 4x4

Jumlah 4 angka mendatar, menurun, horizontal, empat angka di pojok, 4 angka di sudut kaan kiri atas bawah, semuanya sama yakni 34. Cantik dan menarik bukan?
Itulah tahap awal yang harus anda kuasai terlebih dahulu sebelum unjuk gigi mempraktekkan sulap persegi matematika.

Sulap Matematika Persegi Ajaib 4x4

Lalu bagaimana agar kita bisa membuat persegi ajaib yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan request orang lain?
Gampang sekali. Perhatikan angka yang saya beri tanda merah pada gambar di bawah ini.

Sulap matematika persegi ajaib 4x4
Sulap matematika persegi ajaib 4x4

Empat angka inilah yang nanti harus kita ganti dengan angka lain menyesuaikan dengan permintaan penonton.
Anda cukup menghafalkan rumus sederhana ini:
 X = angka yang dipikirkan - 21 
Lalu gunakan nilai x yang didapat untuk menggantikan angka 13. Angka berikutnya (14, 15, 16) silakan anda ganti menyesuaikan dengan angka yang di dapat semula.

Contoh: 
Jika penonton menyebutkan angka 50, maka : nilai x = 50 - 21 = 29. Anda harus mengganti angka 13, 14, 15, dan 16 dengan angka 29, 30, 31 dan 32 agar jumlah 4 angka mendatar, menurun, horizontal, pojok-pojok sama dengan 50.
rumus persegi ajaib 4x4

Selesai. Gampang kan?

Tips:

Agar pola/rumus tidak gampang tertebak oleh penonton dan menambah efek dramatis, saat anda mengisikan angka ke dalam persegi-persegi usahakan secara acak, tidak urut seperti langkah-langkah di atas. 
Bisa jadi anda mengisikan angka 5 dulu, berikutnya 11, kemudian 1, dan seterusnya. Tentu saja ini akan menambah tingkat kesulitan dalam pengisian angka. 

Konsekuensinya anda harus dapat menghitung secara cepat nilai x di dalam pikiran anda pada saat orang lain menyebutkan suatu angka, kemudian menskenariokan bilangan yang akan anda isikan pada papan tulis di pikiran anda terlebih dahulu.

Agak rumit memang, tapi sepadan dengan efek yang dihasilkan. Kuncinya sekali lagi adalah latihan, latihan, dan latihan.


Demikian permainan persegi ajaib matematika 4x4 yang bisa saya bagikan untuk para pembaca. Semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan silakan manfaatkan kolom komentar di bawah postingan ini. Terima kasih sudah membaca sampai tuntas. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

2 Responses to "Sulap Matematika: Cara Membuat Persegi Ajaib 4x4"

  1. Unfortunately, I don't understand Indonesian, but I found this logic exercises kind of fantastic, so if you need any kind of education help, please visit https://rewardedessays.com/
    Always welcome!

    ReplyDelete
  2. found this logic exercises kind of fantastic thanks for sharing Send flowers to oman online

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.