Contoh Soal HOTS SMP

Contoh Soal HOTS  | Matematrick.com
Soal-soal HOTS merupakan asesmen yang berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, dimana peserta didik diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan masalah.Permasalahan kontekstual yang dihadapi oleh masyarakat dunia saat ini terkait dengan lingkungan hidup, kesehatan, kebumian dan ruang angkasa, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan.

Soal-soal HOTS bertujuan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi.Dalam melakukan Penilaian, guru dapat menyisipkan beberapa butir soal HOTS. Penilaian yang berkualitas akan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dengan membiasakan melatih siswa untuk menjawab soal-soal HOTS, maka diharapkan siswa dapat berpikir secara kritis dan kreatif.

Di dalam modul panduan yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2017, Ditinjau dari hasil yang dicapai dalam US dan UN, terdapat 3 kategori sekolah yaitu: (a) sekolah unggul, apabila rerata nilai US lebih kecil daripada rerata UN; (b) sekolah biasa, apabila rerata nilai US tinggi diikuti dengan rerata nilai UN yang tinggi dan sebaliknya nilai rerata US rendah diikuti oleh rerata nilai UN juga rendah; dan (c) sekolah yang perlu dibina bila rerata nilai US lebih besar daripada rerata nilai UN. Masih banyak satuan pendidikan dalam kategori sekolah yang perlu dibina. Indikatornya adalah rerata nilai US lebih besar daripada rerata nilai UN.

Contoh Soal HOTS Matematika SMP 

Contoh Soal HOTS SMP
Contoh Soal HOTS Matematika SMP

Ada kemungkinan soal-soal buatan guru level kognitifnya lebih rendah daripada soal-soal pada UN. Umumnya soal-soal US yang disusun oleh guru selama ini, kebanyakan hanya mengukur level 1 dan level 2 saja. Penyebab lainnya adalah belum disisipkannya soal-soal HOTS dalam US yang menyebabkan peserta didik belum terbiasa mengerjakan soal-soal HOTS. Di sisi lain, dalam soal-soal UN peserta didik dituntut memiliki kemampuan mengerjakan soal-soal HOTS. Setiap tahun persentase soal-soal HOTS yang disisipkan dalam soal UN terus ditingkatkan.

Pada soal UN yang dibuat oleh Pemerintah menyisipkan kurang lebih 20% soal-soal berkategori HOTS. Oleh karena itu, agar rerata nilai US tidak berbeda jauh dengan rerata nilai UN, maka dalam penyusunan soal-soal US guru diharapkan dapat menyisipkan soal-soal HOTS di dalamnya.

Jika Anda membutuhkan contoh soal HOTS lainnya silakan anda lihat di sini:
Contoh Soal HOTS

Demikian contoh soal HOTS matematika SMP yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

POSTINGAN TERKAIT:

3 Responses to "Contoh Soal HOTS SMP"

  1. Assalamualaikum
    pak saya mohon izin untuk pembuatan aplikasi matematika android melalui situs bapak
    ini aplikasi yang saya buat
    dan saya mohon izin pak
    jika tidak boleh saya akan menghapus aplikasi tersebut
    mohon kerjasamannya pak
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.windevlop.mathedu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Silakan Mas. Saya sebenarnya juga pengen bikin aplikasi android matematika. Idenya sudah ada, hanya saja terganjal dengan waktu dan kesibukan lainnya. Semoga sukses mas.

      Delete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.