Awas, Pertanyaan Logika Yang Menjebak !

Pertanyaan Logika Mudah Tapi Menjebak | matematrick.com
Pernahkah Anda mengalami pelajaran matematika di jam-jam terakhir? Bahkan meskipun para siswa sudah dikondisikan konsentrasi dan fokus tetap saja butuh ekstra perhatian untuk memahamkan suatu konsep matematika pada jam-jam itu. Kondisi capek, lapar, dan ngantuk umumnya yang jadi penyebab. Nah, bagaimana sebaiknya menyikapi kondisi tersebut? 
Jika Anda seorang guru, menjadi kreatif itu wajib demi untuk 'menyelamatkan' pembelajaran di kelas. Salah satu triknya adalah dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan ringan ke siswa guna mendapatkan perhatian mereka dan membuat kelas menjadi hidup.

Berikut ini saya berikan beberapa contoh pertanyaan-pertanyan logika matematika yang mudah namun sulit. Lho kok? Iya, mudah karena hanya membutuhkan pengetahuan konsep yang sederhana yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian ala anak SD. Sulit karena menuntut siswa untuk fokus dan konsentrasi mendengarkan pertanyaan yang diajukan.
Dengan kata lain, pertanyaan ini adalah pertanyaan logika yang menjebak. Silakan disimak dan boleh juga anda mencoba menjawabnya. :)

Pertanyaan Logika Menjebak
Pertanyaan Logika Menjebak

Pertanyaan Logika Yang Menjebak

1. Tiga ekor kuda berlari dengan kecepatan 90 km/jam. Berapakah kecepatan dari satu ekor kuda?

2. Sebuah segi empat mempunyai empat buah sudut. Jika salah satu sudut saya gunting, barapakah jumlah sudut yang tersisa?

3. Di sebuah lapak buah terdapat 20 buah apel. Jika kamu membeli 5 buah, tinggal berapa banyak apel yang kamu punya?

4. Pak Romi mempunyai 1 anak laki-laki, 2 anak perempuan, 3 ekor sapi dan 4 ekor ayam. Berapakah jumlah keselurahan anak yang dipunyai Pak Romi?

5. Dari kelima anak Pak Rian, dua di antaranya sudah menikah dan tinggal di luar negeri. Sekarang tinggal berapakah anak yang dipunyai Pak Rian?

6. Pak Joni mempunyai 4 anak laki-laki. Tiap-tiap anak laki-laki mempunyai 1 saudara perempuan. Berapakah jumlah keseluruhan anaknya Pak Joni?

7. Pada sebuah perlombaan lari, Andre berhasil menyalip pelari yang berada di urutan kedua. Di posisi berapakah sekarang Andre berada?

8. Dibutuhkan 20 menit untuk merebus 5 buah telur. Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk merebus satu buah telur?

9. Dua anak laki-laki berjalan bersama dan menemukan uang sebesar 100.000,-. Berapa banyak uang yang akan mereka temukan jika ada 2 anak laki-laki lain yang bergabung?

10. Pada sebuah kandang ayam berisi 100% ayam betina. Jika dari kandang itu diambil 10% ayam betina, berapa persen ayam betina yang tersisa?

11. Rani mempunyai 5 buah apel. Diminta Budi dua. Tinggal berapa apel yang dipunyai Rani?

12. Rani mempunyai 5 buah apel. Diberikan Budi dua. Tinggal berapa apel yang dipunyai Rani?

Jawaban:
text yang disembunyikan
Untuk yang kurang konsentrasi dan terjebak akan menjawab seperti ini:
1. 30 km/jam
2. 3
3. 15
4. 10
5. 3
6. 8
7. 1
8. 4 menit
9. 200.000
10. 90%
11. 3
12. 3

Padahal mestinya jawaban yang benar adalah:
1. tetap 90 km/jam
2. 5
3. 5
4. 3
5. 5
6. 5
7. 2
8. 20 menit
9. 100.000
10. 100%
11. bisa 4 bisa 5. Terserah Rani mau memberikan berapa.
12. bisa 4 bisa 5. silakan tebak alasannya :)

Itulah beberapa contoh pertanyaan logika matematika yang mudah tapi menjebak. Anda bisa berimprovisasi dan mengembangkan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sejenis dengan pertanyaan-pertanyaan di atas. Jangan lupa untuk membagikannya kepada saya dan pembaca lainnya melalui kolom komentar di bawah postingan ini. 
Terima kasih sudah menyimak sampai akhir, semoga ada manfaatnya. Salam.

POSTINGAN TERKAIT:

0 Response to "Awas, Pertanyaan Logika Yang Menjebak !"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.