Rumus Singkat, Smart Solutions Soal UN Matematika

Rumus Singkat, Smart Solutions Soal UN Matematika

Seringkali, ketika saya sedang membahas suatu soal matematika di depan kelas – setelah beberapa saat ada siswa yang menyeletuk, “ Pak, ada cara yang singkat ndak?”.
Trenyuh, anyel, sedih, dan entah perasaan apalagi yang muncul seketika itu. Ironis, melihat kenyataan bahwa belum juga siswa mencoba mengerjakan sudah mengatakan susah. Geregetan, melihat pola pikir mereka yang serba instan dan ingin mudahnya saja. Betapa siswa jaman sekarang begitu mudah menyerah.
Rumus singkat, smart solutions, cara cepat, trik kilat, atau apalah istilahnya untuk mengerjakan soal matematika menjadi andalan mereka. Terutama yang saat ini sedang duduk di kelas XII dan bersiap menghadapi soal UN. Bukannya anti dengan semua hal itu, tapi lebih kepada menyayangkan pola pikir dan cara pandang mereka dalam menyelesaikan persoalan. Dalam salah satu page pada blog ini ada juga rumus-rumus praktis yang saya upload dan bisa diunduh serta trik menggunakan cara cepat untuk menyelesaikan soal matematika, khususnya soal UN matematika.
Tapi, yang perlu ditekankan di sini, 

Rumus singkat, smart solutions, cara cepat, trik kilat untuk mengerjakan soal UN matematika, pasti membutuhkan penguasaan konsep-konsep dasar matematika terlebih dahulu. 

Kecuali misalnya, cara cepat itu adalah memanjangkan leher guna menyontek pekerjaan yang ada di depan atau sampingnya, atau berdoa dan bersabar menunggu SMS dari teman andalan.
Akan tetapi kebijakan kurikulum dan pemerintah mulai mengarah agar tindakan-tindakan tercela seperti menyontek dan kecurangan-kecurangan dalam mengerjakan soal-soal UN dapat dikurangi atau dihilangkan.
Saran saya, percaya dirilah. Jangan menggantungkan nasib pada orang lain. Setiap apa yang kita usahakan nantinya akan membuahkan hasil yang setimpal; entah itu sekarang atau nanti.
Terima kasih atas kunjungan dan waktunya untuk membaca blog Matematrick ini,. Semoga bermanfaat. Salam.

11 Responses to "Rumus Singkat, Smart Solutions Soal UN Matematika"

  1. Jawaban anak itulah yang dibutuhkan saat ini mas dan itu fenomena yang mirip dengan hape dan semacamnya. Mo dilarang justru dikerjakan, mo di luruskan kadung bengkok mind setnya. Salah satu daya tarik matematika memang ada pada rumus praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. david(SMP yadika2)August 26, 2013 at 8:45 PM

      Jenis kurikulum sekarang berbeda pak.jika dulu guru yang menerangkan,murid hanya sebentar mengingatnya,jika murid yang mencari dan menerangkannya kepada guru,maka murid akan lebih lama lagi mengingatnya..

      Delete
  2. Rumus Cepat boleh-boleh saja diajarkan, asalkan konsepnya sudah tertanam dengan benar

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mana om rumus praktisnya? Mau buat belajar rumusnya, sekalian buat tambahan ilmu

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. BETUL SEKALI. JUJUR INSYA ALLAH AKAN MEMBUAHKAN HASIL YANG BAIK. MUNGKIN TIDAK SEKARANG, TAPI PASTI DI KEMUDIAN HARI.

    ReplyDelete
  7. bagus seakali metodenya
    semoga saja dengan mempelajari metode ini saya akan cepat menguasai perhitungan matematika

    ReplyDelete
    Replies
    1. david(SMP yadika2)August 26, 2013 at 8:50 PM

      Bahkan lebih baik lgi jika di semua sekolah menggunakan trik cepat/cara yang cepat dalam membantu siswa mengerjakannya dalam waktu yang singkat,asalkan terlebih dahulu di tetapkan konsepnya...

      Delete
  8. Iya pak, tapi dengan sistem UN yang sekarang kita sebagai siswa tentunya terkejar dengan waktu yang hanya 120 menit. Jika kita menghitung secara manual pasti akan banyak yg asal-asalan sehingga banyak yg memilih jalan pintas yaitu mencontek, tapi intinya kita harus bisa konsep standar dan juga rumus cepatnya jadi lebih baik. Terimakasih :)

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...