Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri PMM

Sosialisasi PMM dan penuntasan Pelatihan Mandiri pada platform merdeka mengajar terus dilakukan, baik oleh BBGP maupun dinas pendidikan. Update aktifitas guru di tiap-tiap sekolah pada platform merdeka mengajar (PMM) terus dipantau dan dikabarkan. Sekolah yang mencapai 100% adalah sekolah yang semua gurunya sudah menuntaskan aktifitas di platform merdeka mengajar (PMM). Pada akhirnya nanti semua guru dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP, SMA, dan SMK diharapkan tuntas dalam menempuh aktifitas di PMM.

Aksi nyata merdeka belajar


Pelatihan Mandiri di PMM

Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Materi dibuat singkat untuk memudahkan dalam melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.

Guru dapat melakukan pelatihan secara mandiri untuk berbagai topik. Modul pelatihan mencakup:

  1. Pembelajaran materi
  2. Latihan pemahaman
  3. Kegiatan refleksi pembelajaran
  4. Post Test untuk mengevaluasi pemahaman modul
  5. Kegiatan praktik sebagai bentuk aksi nyata pelatihan

Kriteria Ketuntasan topik Pelatihan Mandiri

Untuk dianggap tuntas/sudah menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri, ada 2 tahapan yang harus dilakukan:

1. Mempelajari dan menyelesaikan semua modul. 

Setiap modul memiliki materi, aktivitas, serta Post Test yang perlu dipelajari dan dikerjakan. Untuk dapat lulus Post Test guru harus bisa menjawab dengan benar sekurangnya 70% dari pertanyaan Post Test. Jika kurang dari itu maka guru akan mendapatkan rekomendasi materi untuk dipelajari ulang, berdasarkan jawaban Post Test yang belum tepat. Pelajari ulang materi yang direkomendasikan, lalu kembali kerjakan Post Test.

Jika anda membutuhkan kunci jawaban post test dari setiap modul pelatihan mandiri, silakan baca di link berikut: Kunci jawaban post test pelatihan mandiri PMM

2. Melaksanakan aksi nyata dari yang telah dipelajari dalam satu topik.

Aksi Nyata merupakan aktivitas terakhir untuk menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Aksi Nyata adalah bentuk praktik pemahaman guru terhadap topik yang dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Setelah melakukan Aksi Nyata, guru perlu mendokumentasikannya ke dalam dokumen tertulis dan melengkapi Lembar Aksi Nyata di platform Merdeka Mengajar.

Tips Melakukan Aksi Nyata pada Pelatihan Mandiri PMM

Ada beberapa pilihan Aksi Nyata yang disediakan oleh tim ahli Pelatihan Mandiri. Guru bisa memilih satu aksi nyata untuk dilakukan. Pilihlah Aksi Nyata yang Anda yakini dapat menunjukkan pemahaman terhadap topik tersebut, lalu praktikkan dengan mengikuti instruksi yang ada. Perlu diingat, Anda dapat memodifikasi instruksi sesuai dengan kebutuhan.

Tahap-Tahap Menyelesaikan Aksi Nyata

Ada 3 tahapan untuk menyelesaikan Aksi Nyata:

1. Melakukan Aksi Nyata

Pilih Aksi Nyata di halaman salah satu topik Pelatihan Mandiri yang telah Anda pelajari semua modulnya. Klik salah satu pilihan Aksi Nyata yang telah disiapkan untuk menentukan Aksi Nyata yang ingin Anda lakukan. Klik tombol Selanjutnya, kemudian Praktikkan Aksi Nyata yang dipilih.

2. Menuangkan Aksi Nyata ke dokumentasi tertulis

Tuangkan aktivitas Aksi Nyata yang Anda lakukan ke dokumen tertulis dalam format PDF (maks. 10 MB). Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Google Workspace (Google Docs, Google Slide, dll), aplikasi word-processing (Word, Pages, dll.), atau aplikasi lain di perangkat komputer Anda. Kemudian, pastikan Anda mengubah dokumen tersebut ke dalam format PDF sebelum mengunggahnya ke Lembar Aksi Nyata.

3. Melengkapi Lembar Aksi Nyata di platform Merdeka Mengajar.

Isilah deskripsi dan Refleksi atas Aksi Nyata yang sudah anda lakukan, kemudian lampirkan juga dokumen pdf yang telah anda buat sebelumnya.

Syarat Mendapat Sertifikat Pelatihan Mandiri

Untuk bisa mendapatkan sertifikat pelatihan mandiri, Anda harus mempelajari seluruh materi pada modul Pelatihan Mandiri, lulus post test, hingga mengunggah Aksi Nyata. Sertifikat akan diberikan jika Aksi Nyata telah lulus validasi. Pastikan Aksi Nyata yang anda unggah tidak mengandung unsur plagiarisme dan sesuai panduan yang tertera pada tiap Aksi Nyata.

Silakan dibaca juga: Contoh Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar

Demikianlah Tips agar dapat Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri PMM"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.