Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar | Penuntasan pelatihan mandiri pada platform merdeka mengajar (PMM) oleh guru nampaknya menjadi salah satu agenda penting kementerian dan BBGP. Guru dituntut tidak hanya sampai pada penyelesaian modul dan post test saja, namun juga sampai ke pelaksanaan aksi nyata.

Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar

Modul Topik Merdeka Belajar 

Topik pertama pada pelatihan mandiri PMM adalah "Merdeka Belajar". Ada 5 modul yang harus dipelajari dan diselesaikan pada topik Merdeka Belajar, yakni:

  1. Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
  2. Mendidik dan Mengajar
  3. Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
  4. Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
  5. Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan.

Setelah menyelesaikan modul-modul tersebut sampai ke tahap mengerjakan post test dan dinyatakan tuntas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aksi nyata untuk mempraktikkan pemahaman terhadap topik merdeka belajar. 

Bapak/Ibu dapat memilih salah satu dari 2 pilihan Aksi nyata yang disediakan pada topik Merdeka Belajar, yaitu Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar atau Membuat Strategi Penerapan Merdeka Belajar.

Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar

Aksi Nyata: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

  1. Pastikan Anda memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar.
  2. Komunikasikan pemahaman tentang topik Merdeka Belajar kepada audiens sasaran (murid/teman sejawat/orang tua/ komunitas/ lainnya) yang menurut Anda perlu memahami konsep ini.
  3. Pemahaman boleh disampaikan melalui media (presentasi/ video/poster/ booklet/lagu/puisi/dll) untuk audiens sasaran. Bisa luring (forum diskusi guru seperti KKG sekolah, MGMP, dll) maupun daring melalui media sosial.
  4. Buatlah form umpan balik untuk disebarkan pada audiens, dan lampirkan dokumentasikan bukti formulirnya (jumlah umpan balik minimal 5). Minta audiens Anda melanjutkan kalimat ini;
    • Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir .............., ternyata .................
    • Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................
  5. Tuliskan refleksi prosesnya: hal apa yang Anda pelajari dari proses berbagi pemahaman mengenai topik Merdeka Belajar, bagian mana yang mengubah Anda, dan apa langkah konkrit Anda selanjutnya
  6. Unggah bukti dokumentasi kegiatan, hasil pengisian form feedback (dari poin 4), dan rangkuman refleksi Anda (dari poin 5)

Catatan: Aksi nyata dapat dilakukan secara kolaborasi. Namun, pendidik harus menuliskan refleksi/deskripsinya masing-masing sesuai dengan peran dan pengalaman yang didapatkan saat melakukan aksi nyata. Refleksi personal adalah bagian penting dari proses pembelajaran.

Tips Membuat Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar.

Dokumen aksi nyata yang akan anda unggah minimal berisi 3 hal, yaitu: dokumentasi kegiatan, feedback dari audiens/guru lain, dan refleksi diri. Ketiganya dijadikan satu dalam format pdf dan diunggah ke tempat yang sudah disediakan.

Berikut ini contoh dokumen aksi nyata yang telah diunggah di pelatihan mandiri PMM topik merdeka belajar.



Contoh Bukti Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Bukti Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Bukti Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar
Contoh Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar

Contoh Dokumen Aksi Nyata Merdeka Belajar

Silahkan baca juga: Tips Lolos Validasi Aksi Nyata Merdeka Belajar

Demikianlah contoh aksi nyata pada pelatihan mandiri PMM topik Merdeka Belajar yang mengambil opsi Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar. Semoga ada manfaatnya.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.