Dimensi Tiga

Bangun Ruang Dimensi tiga

Materi dimensi tiga berkaitan dengan mempelajari bangun-bangun ruang, yang secara garis besar meliputi penentuan jarak, menentukan panjang proyeksi dan menentukan besar sudut. Materi ini dipelajari di tingkat SMA Kelas X semester 2 akhir. Sebenarnya materi dimensi tiga sudah disinggung pada saat di bangku SMP. Hanya saja masih terbatas pada menentukan volum dan luas permukaan bangun ruang.
Sebagai trigger sebelum memulai pembelajaran tentang Geometri dimensi tiga bisa saja dikemukakan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan geometri semisal:
  • Bagaimana menentukan jarak antara dua bagian gedung yang satu dengan lainnya agar dapat ditentukan misalnya kebutuhan kabel untuk keperluan tertentu? 
  • Bagaimana menentukan jarak antara kabel jaringan arus kuat yang melintasi bangunan-bangunan agar medan listrik tidak mengganggu penghuninya maupun alat-alat elektronik di dalamnya? 
  • Bagaimana pula seorang dokter bedah dapat menentukan letak dan jarak antara tumor di dalam batok kepala di luar selaput otak di belakang lintasan syaraf-syaraf agar arah pembedahannya tepat?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas perlu dipahami pengertian dan cara menentukan jarak antara dua benda. Jika membicarakan jarak sering kita dihadapkan pada dua benda. Untuk itulah pembahasan jarak dalam ruang dilakukan idealisasi dan penyederhanaan agar sifat-sifat umumnya mudah dipahami. Untuk mengembalikannya pada konteks permasalahannya, maka cara menentukan jarak itu mungkin memerlukan pemahaman atau strategi tambahan.

Berikut ini saya postingkan modul Dimensi Tiga untuk siswa SMA Kelas X semester 2 yang memuat tentang berbagai teorema dan rumus dimensi tiga, mulai dari pengertian titik, garis, dan bidang, hubungan antara titik garis, dan bidang, jarak, panjang proyeksi dan yang terakhir besar sudut. Modul ini disusun sedemikian rupa, mulai dari materi dan rumus-rumus singkat, latihan soal beserta pembahasan dengan metode biasa dan metode cepat, dan soal uji kompetensi untuk mengukur tingkat keberhasilan anda dalam belajar tentang Dimensi tiga.
Jika anda ingin mendownloadnya silahkan ke sini

Demikian postingan tentang Bangun Ruang Dimensi Tiga. Jika anda tertarik dengan permainan matematika dan tebakan logika silakan anda ke sini.
Atau jika ingin mengetahui rumus-rumus cepat dan smart solutions matematika silakan ke sini.
Terima kasih sudah membaca, semoga memberi manfaat.
JYANRC2VJCRC

6 Responses to "Dimensi Tiga"

  1. terima kasih. artikel yang cukup menarik. mohon soal-soal matematika untuk SD pak

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat pelajaran sewaktu masih sekolah SMA

    ReplyDelete
  3. mantaps,.... matematika kembali di sosialisasikan.
    mari bermatematika.

    ReplyDelete
  4. oke gan mantab infonya .. makasih banyak

    ReplyDelete
  5. Izin download gan. Lagi ada materinya, terimakasih banyak ya gan
    Kunjung ya http://dimasbsetyoko.tk/

    ReplyDelete
  6. Makasih gan infonya minta izin download

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...