Permainan Matematika Persegi Ajaib

Tags: Permainan Matematika, Tebak-Tebakan Matematika, Kumpulan Rumus Matematika, Materi Matematika Kurikulum 2013

Selamat datang kembali di blog matematrick, tempat bermain dan belajar matematika. Saat ini sudah menginjak semester 2 di tahun ajaran 2014/2015, bertepatan dengan awal semester sekaligus bulan pertama di tahun baru 2015. Tepatlah jika hal pertama yang dilakukan adalah merefleksi pencapaian kita di semester/tahun kemarin, apa-apa saja yang bisa diperbaiki dan ditingkatkan. Untuk siswa yang duduk di tingkat akhir minggu depan sudah mulai try out UN. Minggu-minggu berikutnya akan disibukkan dengan ujian praktek, tes akhir semester, ujian sekolah dan lain-lain. Bulan depannya akan dibingungkan lagi dengan rencana-rencana yang akan ditempuh setelah lulus sekolah, pendaftaran perguruan tinggi, melengkapi syarat-syarat dan lain sebagainya. Praktis, persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional menjadi sangat minim sekali.
Belum lagi, pikiran nanti akan terus dipacu dengan drill soal-soal, masih ditambah lagi dengan les di sekolah/les di bimbingan belajar. Kasihan ya.. :v
Sebagai seorang guru dan mantan siswa saya kadang merasa tidak tega dengan kondisi siswa sekarang. Apalagi menyaksikan tampang-tampang lelah mereka memasuki jam les kedua yang dilaksanakan pukul setengah empat sampai jam lima sore :3 Karena itu kadang saya menghabiskan setengah waktu pertemuan itu untuk memberikan permainan-permainan dan game berupa tebak-tebakan matematika atau tebakan logika yang menuntut konsentrasi siswa.

Permainan Matematika

Salah satu contoh tebak-tebakan matematika seperti ini:
Saya membagi papan tulis menjadi 4 bagian dan tiap bagian saya gambari dengan persegi ajaib yang terdiri dari 9 buah persegi kecil. Kemudian di tengah persegi/di persegi kecil yang tengah saya tuliskan angka berturut-turut 12, 13, 14, dan 15. Tugas siswa adalah mengisi kotak-kotak/persegi kecil itu dengan bilangan 1 - 8 sedemikian sehingga jumlah bilangan mendatar dan menurun masing-masing berjumlah sama dengan bilangan di dalam kotak tengah. Angka 1 - 8 itu harus terisi semua dan tidak boleh ada yang sama. Karena kebetulan kelasnya terdiri dari 4 baris maka saya melombakan permainan itu, tiap-tiap kelompok menyelesaikan persegi bagiannya, siapa yang tercepat dan benar maka kelompok itulah yang menjadi pemenangnya.
Inilah penampakan dari persegi-persegi ajaib itu.

    




Suasana kelas menjadi riuh dan bersemangat :D Yang semula mengantuk dan kepala tergeletak di meja menjadi bangkit dan sibuk otak-atik. Permainan ini berlangsung kurang lebih 10 menit dan cukup efektif untuk menarik perhatian siswa kembali. Pintar-pintarnya guru untuk kemudian membelokkannya ke pembahasan materi matematika sebenarnya.
Demikianlah sedikit permainan dan tebak-tebakan matematika sederhana yang saya bagikan sebagai bahan intermezzo dan menarik perhatian siswa kembali di kala suasana pelajaran sudah tidak kondusif. Anda bisa mendapatkan permainan dan game matematika lainnya di sini Permainan Matematika Bilangan dan di sini Game tebakan Matematika
Jika anda ingin mempelajari materi selanjutnya silakan membuka materi matematika di sini Materi Matematika SMA Komplit
Atau jika anda menginginkan rumus-rumus ringkasnya dan ingin mendownload rumus-rumus serta trik cepatnya, anda bisa menuju Kumpulan Modul dan Rumus-rumus Matematika
Untuk peta materi secara keseluruhan silahkan ke halaman ini Materi Matematika SMA Kurikulum 2013
Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Semoga ada manfaatnya. Untuk korespondensi dan diskusi lebih lanjut anda bisa menuliskannya di kolom komentar di bawah postingan ini.

Dapatkan artikel terbaru:

6 Responses to "Permainan Matematika Persegi Ajaib"

  1. bener banget mas, saya di bimbel juga terkadang merasa kasihan masih banyak siswa yang berseragam sekolah, itu artinya mereka belum pulang ke rumah sejak pagi.
    makasih tebak2annya, bisa dipraktekkan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, guru bimbel juga to. Salam kenal Bu. Silahkan dipraktekkan jika memang dirasa bermanfaat.

      Delete
  2. itu kuntjinya gimana pak?

    ReplyDelete
  3. Good Jobs
    Permainan ini sudah saya buat dalam powerpoint
    Silahkan download di http://mudah-mudahan-mudah.blogspot.com

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.