Permainan Matematika: Peluang dan Kombinasi

Tags: Permainan matematika, game matematika, peluang dan kombinasi.

Selamat berjumpa lagi di Matematrick.
Kali ini permainan matematika yang akan saya bagikan adalah tentang bab peluang pokok bahasan kombinasi.
Setelah pertemuan sebelumnya saya sudah membahas di kelas tentang pengertian dan cara menghitung permutasi dan kombinasi maka kali ini saya coba berikan sebuah permasalahan matematika yang saya bungkus dalam bentuk permainan matematika.
permainan tebak-tebakan matematika
lingkaran awal
Permainan matematika ini dimainkan oleh dua orang. Mula-mula saya membuat sebuah lingkaran besar di papan tulis kemudian di sekeliling lingkaran tersebut saya letakkan 6 buah titik.
Penampakan permainan ini lihat gambar di samping.

Setelah itu saya mengundang salah seorang siswa untuk maju ke depan bermain dengan saya. Aturan permainan ini adalah membuat garis yang menghubungkan 2 buah titik secara bergantian. Pemain yang tidak bisa lagi menemukan / membuat garis dinyatakan kalah. Saya berikan spidol berwarna merah kepada siswa dan kemudian saya mengawali membuat garis menggunakan spidol warna hitam.
Permainan berjalan seru. Semua teman-temannya menyemangati dan berteriak-teriak gemas memberi petunjuk dari belakang. Bisakah anda menebak siapa yang menang? :) 
permainan tebak-tebakan matematika
hasil akhir :)
Tentu saja saya. 
Banyak yang penasaran dan ingin bermain di depan lagi dengan saya. Ada yang bilang, "wah..bejo kuwi"
ada juga yang agak mudeng berkata, "wah, curang...coba sekarang gantian saya yang duluan membuat garisnya"
Saya jawab, "ini tentang matematika, ilmu pasti. Jadi semua sudah diperhitungkan, bukan bejo-bejonan".
Dan untuk yang komentar kedua saya jawab, "baiklah silahkan sekarang anda yang memulai dulu membuat garisnya, tapi saya nanti yang membuat titiknya". Sebagian anak serempak menyahut, "wah ya sama saja.. nanti pasti ditambahi lagi titiknya.."
"Baiklah, terserah kalian maunya bagaimana", jawab saya.

Kemudian saya membuat sebuah lingkaran baru dan meletakkan 7 titik di sekeliling lingkaran.
"silahkan siapa yang mau main lagi dengan saya?"
Beberapa anak berebutan mengacungkan jari. Saya amati mereka dan saya tunjuk seorang cowok yang kelihatannya sangat bersemangat.
Di depan kelas kemudian saya berkata, "baiklah, karena tadi sudah saya yang pertama, sekarang giliran teman kalian yang pertama membuat garis".
Kelas hening satu detikan kemudian pecah ribut lagi. "eh, jangan, jangan...biar pak guru yang membuat garis duluan.."
Siswa yang di depan tadi juga berkata, "pak guru duluan saja.."
Mereka berpikir bahwa dengan jumlah titik genap yang giliran pertama membuat garis menang, maka ketika jumlah titik ganjil yang giliran pertama menggambar garis akan kalah.
Dengan wajah berakting tersenyum kecut akhirnya saya mengalah dan membuat garis terlebih dahulu. Permainan berlangsung seru. Teriakan dari belakang memberi petunjuk titik-titik mana saja yang belum dibuat garis semakin bertambah ramai. Pembaca bisakah menebak siapa kali ini yang menang? He...tentu saja saya lagi yang menang.
Kelas menjadi gaduh. Saya biarkan sejenak, kemudian baru saya berikan penjelasan. 
Ketika kita membuat garis yang melalui dua titik dari 6 titik yang tersedia, itu artinya kita memilih dua titik dari 6 titik yang ada. Dalam penjelasan lain, sama artinya ini adalah kombinasi dua titik dari 6 titik yang tersedia, ditulis 6C2 = 6 x 5/2 = 15. Maka ketika saya mengetahui jumlah garis yang bisa dibuat adalah ganjil sudah pasti yang giliran pertama menggambar garis akan menang.
Bagaimana dengan 7 titik? Sama saja. Itu artinya adalah kombinasi 2 titik dari 7 titik yang tersedia, ditulis 7C2 = 7 x 6/2 = 21. Karena jumlah garis yang bisa dibuat ganjil, sudah pasti saya yang giliran pertama pasti menang. :)
Kelas menjadi hening. Nampaknya mereka berpikir dan mulai mengerti.
Setelah beberapa saat saya berkata, "sekarang saya akan membuat 8 titik, kalian akan memilih giliran pertama atau giliran kedua?". Pembaca yang budiman, anda memilih yang mana?

Demikianlah salah satu pengalaman saya menerapkan permainan matematika di dalam kelas. Jika anda menginginkan permainan-permainan lainnya, anda bisa membuka di sini permainan matematika peluang dan di sini game permainan matematika. Atau, jika anda membutuhkan ringkasan-ringkasan materi dan cara singkat untuk menyelesaikan soal-soal matematika khususnya soal ujian nasional silahkan anda download di sini ringkasan rumus matematika dan cara cepat.
Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.

7 Responses to "Permainan Matematika: Peluang dan Kombinasi"

  1. bagus bagus bagus. andai dulu guru matematika saya seperti ini cara ngajarnya pasti asik

    ReplyDelete
  2. Bagus ... Kunjungi pula : http://gemarmatematika21.blogspot.com/2015/02/tips-menghadapi-ujian-skripsi-2015.html

    ReplyDelete
  3. kalau 8 titik maka garis yang bisa dibuat ada sebanyak 8C2 = 8 x 7/2 = 56/2 = 28. jadi jumlah garis yang bisa dibuat adalah genap. maka saya akan memilih giliran yang kedua saja. benar kan pak? :D

    ReplyDelete
  4. Asyik juga ya game nya, ide yg sangat baik untuk memberikan irama pembelajaran yang berbeda :)

    ReplyDelete
  5. belajar sambil bermain seru kayanya :) ga jenuh

    ReplyDelete
  6. Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang sangat bermanfaat, saya akan mencoba semoga berhasil, mohon dibanyakin lagi tutorialnya ya...

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...