Bocoran Soal UN Tahun 2018

Soal Prediksi UN Matematika SMA 2017/2018 | matematrick.com

Berikut ini saya akan membagikan contoh soal prediksi UN Matematika SMA untuk program IPA, IPS, dan Bahasa tahun 2018 yang dapat anda gunakan untuk latihan dalam menghadapi Ujian Nasional besok.
Contoh soal prediksi UN Matematika SMA IPA, IPS dan bahasa 2018 ini disusun sedemikian rupa sehingga sesuai dengan indikator kisi-kisi UN 2017/2018 yang telah dikeluarkan BSNP-Indonesia. Soal yang dibagikan ini adalah soal prediksi yang disusun semirip mungkin dengan indikator kisi-kisi UN 2017/2018 sehingga dapat dijadikan referensi untuk menebak soal seperti apa yang mungkin keluar nanti saat Ujian Nasional 2018.
Download Kisi-kisi UN 2018 untuk semua mapel : Kisi-kisi UN SMA 2018
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada ujian nasional tahun 2018 ini pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan berencana menggelar ujian nasional menggunakan dua sistem yakni ujian tulis seperti tahun kemarin dan ujian online untuk beberapa sekolah yang telah ditunjuk dan siap.

Menurut sumber dari BNSP bahwa soal ujian nasional tahun 2018 ini komposisinya terdiri atas soal mudah, sedang, dan sulit termasuk pula soal yang mengukur higher order thinking dari peserta UN serta soal yang kontekstual dengan budaya, sosio-antropologis, dan lingkungan.
Kemudian di POS UN 2018 dikatakan bahwa bentuk soal UN matematika SMA tahun 2018 ini adalah pilihan ganda dan esai.

Kalau mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi maka bentuk soal pilihan ganda merupakan pilihan yang tepat untuk jenis ujian yang bersifat luas dan besar seperti UN dimana hasilnya harus diumumkan paling lambat satu bulan setelah pelaksanaan UN. Jika soal dalam bentuk essay maka proses koreksi akan membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk pelaksanaan UN tahun 2018 ini hanya mapel matematika saja yang diberikan soal berbentuk esai. DDiwacanakan untuk pelaksanaan UN tahun 2019 besok semua mapel akan diberikan juga soal berbentuk esai. Melihat beberapa contoh soal Simulasi UN yang baru saja dilaksanakan, soal esai UN matematika mestinya disebut sebagai soal isian singkat, karena peserta hanya diminta memberikan jawaban hasil akhirnya saja. 
Baca juga : Modul Kumpulan Soal latihan UN dan Rumus singkat Matematika
Adapun untuk pelaksanaan UN tahun 2018 ini, Kemendikbud akan melaksanakan program UN berbasis komputer di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia. Program UN berbasis komputer ini dilaksanakan dengan menuliskan langsung jawabannya seperti halnya ujian CPNS yang menggunakan CAT. Istilah yang sering dipopulerkan adalah Computer Based Test (CBT).
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Sekolah Pelaksana CBT tahun 2016 sampai bulan Januari 2016 tercatat 711 Sekolah SMP/MTs, 1222 Sekolah SMA, dan 2092 sekolah SMK.
Penyelenggaraan UNBK tahun 2016 menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Seperti yang sudah ditentukan sebelumnya, bahwa untuk ujian nasional ( UN ) tahun 2018 ini tidak akan digunakan sebagai syarat utama penentu kelulusan. Nantinya kelulusan peserta didik ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan kriteria yang telah disepakati di sekolah yang bersangkutan. Adapun untuk hasil UN tahun 2018 kali ini hanya akan digunakan sebagai pemetaan saja. Sedangkan penggunaan hasil UN untuk bahan saringan masuk ke perguruan tinggi masih belum diketahui kepastian dan tekniknya, mengingat rentang waktu antara pengumuman nilai UN dan jadwal pengumuman penerimaan mahasiswa baru sedemikian pendek.

Tetapi, apapun yang terjadi, bagaimanapun nanti peraturannya, yang pasti sebagai siswa yang perlu anda lakukan hanyalah belajar semaksimal mungkin agar nantinya hasil UN anda akan sesuai dengan yang diharapkan. Selain tetap berdoa dan meminta restu dari bapak ibu, berlatih soal UN sebanyak dan sesering mungkin akan mendekatkan anda pada kesuksesan. Untuk itu, sebagai alat bantu mengecek dan mengetes kemampuan anda, berikut ini saya uploadkan contoh soal dan prediksi soal UN matematika SMA tahun 2018. Silahkan diunduh melalui link di bawah ini:

Contoh Soal Prediksi UN 2018

  1. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan IPA paket 1
  2. Pembahasan soal try out UN matematika 2018
  3. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan IPA paket 2
  4. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan IPS paket 1
  5. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan IPS paket 2
  6. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan Bahasa paket 1
  7. contoh soal try out UN matematika SMA jurusan Bahasa paket 2
Update : Kisi kisi, indikator, dan prediksi Soal UN Matematika SMA 

Demikianlah postingan tentang contoh soal matematika dan prediksi soal UN tahun 2018. Semoga dapat memberi manfaat. Untuk anda yang membutuhkan kisi-kisi komplit dari mulai kisi-kisi soal UN SD, kisi-kisi soal UN SMP dan SMA / SMK silahkan anda download di tautan tadi.
Sedangkan jika anda membutuhkan soal-soal latihan UN yang lain dan lebih komplit dari mulai soal UN SD, soal UN SMP dan soal UN SMA silahkan anda buka pada bank soal matematika.
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca. Untuk request dan kontak lebih lanjut silahkan anda tulis di kolom komentar di bawah ini. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

13 Responses to "Bocoran Soal UN Tahun 2018"

  1. Ass.wr.wb. Mohon diupload untuk contoh soal UN SD pak. terima aksih

    ReplyDelete
  2. Kabar penentu kelulusan memang menggembirakan tapi tetap memberi sedikit kekhawatiran akan adanya perbedaan yang terjadi di kalangan pelaku pendidikan di sekolah :)

    ReplyDelete
  3. Mohon di upload soal-soal latihan UN untuk SMP

    ReplyDelete
  4. UN sudah dekat, untuk menambah persiapan Anda dapat kunjungi blog "jejak Seribu Pena". Terimakasih.

    ReplyDelete
  5. numpang share Bimbel gratis Online/SMS-Outline khusus IPA (kimia fisika) SMP/SMA
    http://anugrahrizky97.blogspot.com/p/bimbel-gratis.html

    ReplyDelete
  6. Soal diatas masih ada materi vektor dan logika matematika.
    Di kisi-kisi UN 2017 materi tersebut sudah tidak ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, yang Anda akses adalah soal lama. Silakan diikuti link update nya.

      Delete
  7. Pak yang lama juga diposting, nggak sesuai skl..wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, yang Anda akses adalah soal lama. Silakan diikuti link update soal terbaru yang sudah saya cantumkan di atas. Terima kasih.

      Delete
  8. Replies
    1. kesannya menyesatkan ya Pak? hehehe... sebenarnya pada awalnya postingan ini saya beri judul prediksi soal UN matematika tapi pada perkembangannya saya ingin siswa yang mencari bocoran soal UN di internet akan 'tersesat' ke sini dan tergerak untuk berlatih mengerjakan soal latihan UN yang sudah saya sediakan. demikian.

      Delete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.