Permainan Korek Api Matematika Pasti Menang

Permainan Korek Api Matematika Pasti Menang | Apa yang anda lakukan ketika berada di tengah-tengah teman anda dan pada saat suasana santai? Biasanya adalah ngobrol-ngobrol ringan, mengenang kejadian jaman dulu, dan kadang ada satu dua orang yang kreatif melontarkan tebak-tebakan lucu  atau permainan matematika yang menantang.

Nah, pada kesempatan kali ini blog matematrick akan memberikan suatu ide permainan matematika sederhana yang sangat menarik dan mudah untuk dimainkan pada saat senggang dengan teman-teman anda. Permainan matematika ini saya namakan "Permainan korek api matematika pasti menang". Sepanjang pengalaman saya memainkan permainan ini--ratusan kali bahkan mungkin ribuan--dengan teman-teman kampung atau bersama siswa-siswa di kelas, hanya sekali saja saya pernah kalah. Dan itupun dikarenakan saya bermain tanpa strategi dan asal mengambil. Maka, kalau boleh saya katakan, setelah nanti anda membaca postingan ini dan memahami strategi/rumus permainan matematika ini, 99,9% peluang anda akan menang melawan siapapun; dengan catatan lawan adalah orang yang belum mengetahui rumus ini.

Permainan Korek Api

Cara memainkan permainan ini cukup sederhana: Sediakan batang korek api kayu sebanyak 15 buah (kalau tidak adabisa diganti dengan lidi atau kerikil, tergantung suasana dan sumber daya yang ada di sekitar tempat anda ), susun dalam formasi tiga baris, masing-masing terdiri dari 3, 5, dan 7 batang. Lihat gambar di bawah.
permainan korek api
Permainan ini dimainkan oleh dua orang dengan cara bergiliran mengambil batang korek api. Siapa yang kena giliran mengambil batang korek api terakhir, dia yang kalah.

Aturan permainan ini simpel :
Dua orang melakukan suit (ping sut) untuk menentukan giliran siapa yang pertama mengambil. Cara pengambilan batang korek api terserah, bisa 1, 2, 3 atau berapapun jumlahnya, asal masih berada pada 1 baris (tidak boleh mengambil batang korek api dari dua baris yang berbeda sekaligus).

Kunci kemenangan dari permainan ini adalah mengetahui "formasi pasti kalah" dan menerapkannya pada lawan anda.

Berikut daftar "formasi pasti kalah" dari permainan ini:

1. Formasi 1-0-0
Artinya adalah tinggalkan 1 batang korek api saja di bidang permainan, maka lawan pasti kalah (lah iya, tujuan permainannya memang itu..)

2. Formasi 1-1-1

permainan korek api matematika
Ini berarti pada bidang permainan anda sisakan 3 batang korek api yang masing-masing berada di baris berbeda. Tinggali lawan pada formasi ini, maka dia hanya bisa mengambil satu batang korek api, meninggalkan formasi 1-1-0 untuk anda. Giliran anda mengambil satu batang korek api, meninggalkan 1 batang korek api tersisa untuk membuat lawan anda tersenyum kecut.

3. Formasi 2-2-0

trik teka teki korek api
Tinggali lawan 4 batang korek api dalam 2 baris berbeda, masing-masing 2 buah. Lawan hanya punya 2 pilihan;
- mengambil 1 buah batang korek api, meninggalkan formasi 2-1-0 untuk anda. Jika lawan memilih ini anda tinggal mengambil 2 buah batang korek api sekaligus di baris yang sama, meninggalkan 1 batang korek api kekalahan untuk lawan. Atau,
- mengambil 2 batang korek api sekaligus. Jika lawan memilih langkah ini, saya yakin anda tahu harus mengambil berapa untuk menang. Ya, benar... ambil 1 saja batang korek api, sehingga tersisa 1 batang lagi untuk membuat lawan anda gigit jari.

4. Formasi kembar.

teka teki korek api
Maksudnya, tinggali lawan dalam posisi batang korek api hanya berada pada 2 baris saja yang jumlahnya sama, misalnya 3-3-0, 4-4-0, atau 5-5-0. Ketika lawan ditempatkan dalam posisi ini, akan ada 2 kemungkinan yang bisa dilakukan oleh lawan:

- mengambil satu batang korek api saja pada suatu baris. Jika lawan melakukan ini, yang harus anda lakukan adalah mengikuti langkah lawan mengambil satu saja batang korek api dengan tujuan menggiring lawan menuju ke formasi kekalahan 2-2-0. Selanjutnya lakukan seperti pada petunjuk di formasi 2-2-0.
- mengambil semua batang korek api pada satu baris. Jika lawan anda melakukan ini, maka yang tersisa adalah sejumlah batang korek api yang berada pada 1 baris saja. Saya yakin anda tahu harus mengambil berapa untuk menang. Ya...benar. Sisakan 1 saja untuk lawan anda.

Jika lawan anda cukup jeli dan mempunyai kemampuan bernalar matematika yang cukup bagus, biasanya 4 formasi kunci di atas akan ditemukan oleh lawan anda setelah bermain beberapa kali.

Tetapi jangan kuatir, saya akan berikan "formasi pasti kalah" berikutnya yang jarang sekali terpikirkan oleh lawan.

5. Formasi 1-2-3.

teka teki korek api dan jawabannya
Tinggalkan lawan dalam formasi ini, maka lawan anda pasti kalah. Skenarionya begini:

- Jika lawan mengambil 1 buah batang korek api yang di atas, maka akan tersisa batang korek api dalam formasi 0-2-3. Berapa yang harus anda ambil untuk menang? Ambil 1 saja batang korek api sehingga muncul formasi pasti kalah 0-2-2. dan seterusnya.
- Jika lawan mengambil 1 buah batang korek api yang bawah maka tersisa batang korek api dalam formasi 1-2-2. Anda tinggal bawa ke formasi 0-2-2.
- Jika lawan mengambil 1 batang yang tengah, formasi akan menjadi 1-1-3. Anda bawa ke formasi pasti kalah 1-1-1.
- Jika lawan mengambil 3 sekaligus yang bawah, formasi menjadi 1-2-0. Anda ambil 2 sekaligus meninggalkan formasi 1-0-0. Lawan anda kembali gigit jari.
- Jika lawan mengambil 2 sekaligus yang tengah, formasi menjadi 1-0-3. Sama dengan yang di atas, ambil 3 sekaligus yang bawah sehingga formasi kembali ke formasi kekalahan 1-0-0.

6. Formasi 1-4-5.

tebak tebakan korek api kayu
Ini adalah "formasi pasti kalah" andalan saya. Biasanya ketika tiba pada formasi ini lawan belum sadar bahwa ia sudah berada pada formasi pasti kalah dan masih asyik berpikir untuk memenangkan permainan.

Keterangan dari formasi ini adalah sebagai berikut:

Pada formasi 1-4-5, berapapun yang lawan ambil, usahakan nanti anda buat lawan berada pada formasi pasti kalah yang lebih rendah, seperti formasi 1-2-3, formasi kembar, formasi 1-1-1 dan seterusnya.
Misal lawan mengambil 2 buah batang korek api yang bawah, sehingga formasi berubah menjadi 1-4-3, maka yang harus anda lakukan adalah menggiring lawan pada formasi pasti kalah berikutnya yaitu formasi 1-2-3 dengan mengambil 2 batang korek api pada baris tengah. Demikian seterusnya.

7. Formasi 2-4-6.

permainan tebak tebakan korek api
Penjelasan dari formasi ini hampir sama dengan formasi sebelumnya, intinya adalah berapapun yang lawan anda ambil, anda usahakan bisa kembali ke formasi pasti kalah di bawahnya.

8.Terakhir, adalah formasi pasti kalah 2-5-7, 3-5-6, atau 3-4-8.


Formasi pasti kalah di atas kalau diterjemahkan dengan bahasa lain berarti siapa yang mendapat giliran pertama mengambil batang korek api pasti akan menang.


Tips dan trik permainan korek api matematika:

Dari keterangan di atas dikatakan jelas bahwa yang giliran pertama kali mengambil pasti menang. Lalu bagaimana jika anda ping suit kalah, dan mendapat giliran kedua dalam pengambilan?

Anda masih berkesempatan untuk menang dengan memanfaatkan kelemahan dan ketidaktahuan lawan tentang formasi pasti kalah. Untuk itu jika anda mendapat giliran kedua dalam pengambilan, wait and see saja menunggu kesempatan membawa lawan ke salah satu formasi pasti kalah yang mungkin.

Demikian permainan matematika sederhana yang bisa anda praktekkan bersama teman-teman anda.

Sedikit berbagi pengalaman, di kelas saya tidak menggunakan batang korek api tapi menggunakan spidol dan penghapus. Cara bermainnya pengambilan batang korek api diganti dengan menghapus gambar garis yang mewakili batang korek api secara bergantian. Untuk menambah semangat siswa saya iming-imingi dengan hadiah bagi siapa yang dapat mengalahkan saya. Tapi, tentu saja hadiah itu tidak pernah saya keluarkan :)

Selain sebagai selingan, permainan ini juga diberikan dengan tujuan melatih sifat kritis, pantang menyerah dan menguji keingintahuan siswa dalam hal menemukan formula/rumus yang tepat guna memecahkan masalah. Umumnya mereka bisa menganalisis sampai formasi ke-4.

Di kelas pun saya bahas dan saya pancing supaya bisa menemukan kunci dari permainan ini secara keseluruhan.
Beberapa celetukan kreatif bahkan terlontar dari siswa, diantaranya adalah mau membuka lapak di pasar malam untuk memainkan permainan ini. Kurang lebih seperti permainan catur 3 langkah mati yang biasa ada di pasar malam/keramaian. Ya saya katakan untuk mematangkan konsep permainan ini dulu. Bahkan kalau perlu saya berikan saran untuk mengembangkan permainan ini ke level yang lebih sulit, seperti menambahkan jumlah baris dan jumlah batang korek api.

Jika permainan korek api matematika di atas dirasa cukup rumit untuk dipahamkan pada siswa-siswa anda, silahkan membaca permainan korek api matematika berikut yang lebih simpel:

Permainan korek api Matematika Sederhana

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih sudah berkenan membaca postingan tentang permainan matematika pasti menang ini. Saran dan ide pengembangan yang terkait dengan permainan ini saya harapkan dari seluruh pembaca melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga ada manfaat yang bisa diambil. Salam.

2 Responses to "Permainan Korek Api Matematika Pasti Menang"

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...