Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika 2013

Soal dan Pembahasan OSN Matematika Guru SMA 2013

Hari Rabu tanggal 26 Juni 2013 kemarin telah dilaksanakan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru SD, SMP, dan SMA/SMK Tingkat Propinsi Tahun 2013. Untuk OSN Guru jenjang SMA/SMK meliputi mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Kebetulan saya adalah salah seorang yang diberi kepercayaan untuk mewakili kabupaten mengikuti perlombaan OSN Guru Matematika SMA tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013.
Untuk soal OSN Guru Matematika tahun 2013 secara garis besar tidak jauh beda dengan soal OSN Guru Matematika tahun 2012. Sedangkan untuk soal OSN yang SD dan soal OSN Matematika SMP saya belum sempat meminta informasi. Jumlah soal kemarin yang dikerjakan sebanyak 25 butir, terdiri dari 2 bagian; yang pertama adalah soal uji kompetensi pedagogik sebanyak 8 soal dan bagian kedua soal uji kompetensi profesional sebanyak 17 butir soal dengan diberikan waktu selama 150 menit (2,5 jam). Bobot nilai dari tiap-tiap butir soal di kedua bagian adalah sama.
Beberapa soal kemarin hampir mirip-mirip dengan tahun lalu terutama yang soal uji kompetensi pedagogik. Sedangkan untuk yang uji kompetensi profesional beberapa soal berhasil membuat saya frustasi. Waktu 150 menit begitu cepat berlalu dan beberapa soal masih belum ada ide mau diapakan. Agak pesimis akhirnya setelah waktu selesai bisa mencapai passing grade yang sudah ditentukan untuk dapat lolos mengikuti tahapan berikutnya menuju tingkat nasional. Mungkin tidak tahun ini. Mungkin tahun-tahun berikutnya. Tapi setidaknya sudah ada gambaran dan sedikit pengalaman mengerjakan soal-soal OSN Guru Matematika.

Untuk anda yang tertarik berikut ini saya berikan soal-soal OSN Guru matematika tahun 2013 tingkat Propinsi yang bisa anda unduh dan dipelajari. Saya terpaksa harus memotret, menulis di lembaran orek-orekan dan mengetik ulang karena lembar soal dan jawaban OSN kemarin harus dikumpulkan dan tidak boleh dibawa pulang. Ide ini saya dapatkan setelah membaca postingannya Pak Anang di http://pak-anang.blogspot.com atau Pak Fatkoer di http://www.mathzone.web.id (link persisnya lupa) yang juga melakukan hal sama untuk mendapatkan soal-soal OSN tahun lalu.

Berikut ini preview beberapa soal OSN bagian uji kompetensi profesional:
  1. Misalkan ABCD persegi dan titik E dan F pada AB dan BC secara berurutan. Garis yang melalui E sejajar dengan BC dan garis yang melalui F sejajar dengan AB membagi ABCD menjadi dua persegi dan dua buah persegi panjang sedemikian sehingga jumlah luas dari dua persegi tersebut 7/10 dari luas 
  2. persegi ABCD. Nilai (AE/EB) + (EB/AE) = ....
  3. Misalkan n adalah bilangan asli terkecil yang merupakan kelipatan 15 dimana setiap digit dari n adalah 8 atau 0. Maka nilai n/15 = ....
  4. Diberikan tetrahedron beraturan PABC dengan PO dan M titik tengah PO. Sebuah bidang yang mengandung AM dan sejajar BC membagi tetrahedron tersebut menjadi dua bagian. Tentukan perbandingan volume antar kedua bagian tetrahedron tersebut.
  5. Jika adalah suatu bilangan bulat, maka nilai n yang lebih besar dari 5 adalah....
  6. Sebuah kertas berbentuk segitiga sama sisi ABC memiliki panjang sisi 15 cm. Kertas dilipat sehingga titik A menyentuh titik di sisi BC yang jarak 9 cm dari titik B. Panjang segmen garis hasil lipatan segitiga tersebut dapat ditulis sebagai , dimana a, b, dan c bilangan asli, a dan b saling relatif prima, dan c tidak habis dibagi kuadrat dari sembarang bilangan prima. Nilai a+b+c=....

Itulah preview dari beberapa soal OSN Matematika tingkat propinsi tahun 2013. Jika Anda menginginkan soal yang lebih lengkap silahkan mendownloadnya di sini.
Tetapi mohon maaf, yang bisa diposting baru soalnya saja. Untuk pembahasan soal OSN ini sedang dalam tahap pengerjaan. Jika sudah siap maka akan segera saya upload di Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMA Tahun 2013. Atau jika para pembaca ingin membantu silahkan mengirimkan pembahasan soal OSN Matematika yang ada di atas via email. Sesegera mungkin akan saya upload, tentunya dengan mencantumkan nama anda sebagai narasumbernya.

Demikian postingan tentang Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika SMA Tahun 2013 Tingkat Propinsi, semoga bermanfaat.
Jika Anda ingin mendownload soal-soal matematika yang lebih lengkap, mulai dari soal-soal Ulangan Matematika, Soal dan Pembahasan UN Matematika, Soal dan Pembahasan SBMPTN silahkan menuju ke sini.
Atau jika Anda tertarik dengan permainan dan tebak-tebakan logika matematika anda bisa membacanya di sini.

Dapatkan artikel terbaru:

10 Responses to "Soal dan Pembahasan OSN Guru Matematika 2013"

  1. pak soalnya versi lengkap mohon dikirim ke pak.anang@yahoo.com

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. bagus kalau lebih lengkap lagi, saya mau dikirimi yang smp

    ReplyDelete
  3. pak. Bisa dikirim soal osn guru mat prov 2013? Ke email boenfie@gmail.com. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. Pak mohon diupload Soal OSN Guru mat Provinsi 2013 yang lengkap. itu baru 5 soal. terimaksih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru saja saya upload pak. Silahkan dilihat di atas. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  5. Linknya error.. mohon diperiksa...

    ReplyDelete
  6. telah terbit
    Buku solusi soal-soal dari buku matematika kelas X wajib yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kurikulum 2013 yang dilengkapi intisari teori tiap bab. Buku ini sebagai pegangan siswa dan guru. Masalah ongkos kirim akan dilihat sesuai dengan daerah pengiriman. Pesan sekarang juga (stock terbatas)!!!

    Info Pemesanan Buku : 081310943638
    Email: jejakseribupena@yahoo.com

    silahkan cek link dibawah ini:
    http://www.olx.co.id/iklan/64230004.html

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, postingannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.