Statistika : Teknik Pengumpulan Data

Statistika : Teknik Pengumpulan Data | Matematrick.com
Selamat datang di matematrick.com. Kali ini masih tentang statistia, kita akan belajar cara/teknik pengumpulan data. Anda pasti sudah tidak asing dengan kata "Quick Count".
Istilah "Quick Count" populer ketika pemilihan umum, baik pemilihan Bupati, Gubernur, Legislatif maupun pemilihan Presiden. Pada pemilu tahun 2014 hasil pemilu sudah dapat diprediksi beberapa jam setelah pemungutan suara, dan hebatnya hasil "Quick Count" beberapa lembaga survei hampir sama dengan hasil "Real Count" KPU. 
Tahukah anda bahwa "Qucik Count" menggunakan konsep statistika?

Kalau anda ke kantor kelurahan, kantor pajak, kantor sekolah, atau kantor instansi pemerintahan, apakah yang dapat anda lihat di papan informasi? Biasanya di papan informasi terdapat gambar lingkaran, diagram garis, batang, atau balok-balok. Diagram-diagram itu merupakan gambaran mengenai pencacahan penduduk, perhitungan pajak, dan perkembangan kemajuan sekolah. Contoh-contoh tersebut merupakan salah satu aplikasi dari konsep statistika.

Statistika sekarang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kedokteran, pertanian dan sebagainya. Penelitian jenis manapun dirasa kurang lengkap apabila tidak memanfaatkan perhitungan-perhitungan statistika. Dalam bab ini anda akan belajar menggunakan aturan statistika, sehingga dapat membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan berbagai diagram serta menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data beserta penafsirannya.

Animasi berikut menunjukkan hasil Quick Count LSI dan hasil perhitungan KPU, perbedaan hasil antara keduanya kurang dari 1 %



Baiklah, itulah gambaran awal tentang statistika yang banyak dipakai dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Berikutnya kita akan mempelajari materi sesungguhnya tentang statistika.

Statistika adalah cabang dari matematika yang mempelajari cara mengumpulkan data, menyusun data, menyajikan data, mengolah dan menganalisis data, menarik kesimpulan, dan menafsirkan parameter.

Kegiatan Statistika meliputi:
1. Mengumpulkan data
2. Menyusun data
3. Menyajikan data
4. Mengolah dan Menganalisis data
5. Menarik kesimpulan
6. Menafsirkan

1. Pengertian Datum dan Data

 Di Kelas sebelumya Anda telah mempelajari pengertian datum dan data. Agar tidak lupa pelajari uraian berikut.

Misalkan, hasil pengukuran berat badan 5 murid adalah 43 kg, 46 kg, 44 kg, 55 kg, dan 60 kg. Adapun tingkat kesehatan dari kelima murid itu adalah baik, baik, baik, buruk, dan buruk. Data pengukuran berat badan, yaitu 43 kg, 46 kg, 44 kg, 55 kg, dan 60 kg disebut fakta dalam bentuk angka.
Adapun hasil pemeriksaan kesehatan, yaitu baik dan buruk disebut fakta dalam bentuk kategori. Selanjutnya, fakta tunggal dinamakan datum. Adapun kumpulan datum dinamakan data.

2. Pengertian Populasi dan Sampel 
Misal, seorang peneliti ingin meneliti tinggi badan rata-rata siswa SMA di Kabupaten Semarang. Kemudian, ia kumpulkan data tentang tinggi badan seluruh siswa SMA di Kabupaten Semarang. Data tinggi badan seluruh siswa SMA di Kabupaten Semarang disebut populasi.

Namun, karena ada beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, dan biaya, maka data tinggi badan seluruh siswa SMA di Kabupaten Semarang akan sulit diperoleh. Untuk mengatasinya, dilakukan pengambilan tinggi badan dari beberapa siswa SMA di Kabupaten Semarang yang dapat mewakili keseluruhan siswa SMA di Kabupaten Semarang. Data tersebut dinamakan data dengan nilai perkiraan, sedangkan sebagian siswa SMA yang dijadikan objek penelitian disebut sampel. Agar diperoleh hasil yang berlaku secara umum maka dalam pengambilan sampel, diusahakan agar sampel dapat mewakili populasi.

3. Pengumpulan Data

Menurut sifatnya, data dibagi menjadi 2 golongan, yaitu sebagai berikut.
1)  Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau bilangan. Data kuantitatif terbagi atas dua bagian, yaitu data cacahan dan data ukuran.
     a) Data cacahan (data diskrit) adalah data yang diperoleh  dengan cara membilang. Misalnya, data tentang banyak anak dalam keluarga.
     b) Data ukuran (data kontinu) adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur. Misalnya, data tentang ukuran tinggi badan murid.
2)  Data kualitatif adalah data yang bukan berbentuk bilangan.
     Data kualitatif berupa ciri, sifat, atau gambaran dari kualitas objek. Sebagai contoh, data mengenai kualitas pelayanan, yaitu baik, sedang, dan kurang.
Cara untuk mengumpulkan data, antara lain adalah melakukan wawancara, mengisi lembar pertanyaan (questionery), melakukan pengamatan (observasi), atau menggunakan data yang sudah ada, misalnya rataan hitung nilai rapor.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Statistika : Teknik Pengumpulan Data"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.