Contoh Soal HOTS Matematika SMA

Contoh Soal HOTS Matematika SMA | Matematrick.com
Selamat datang di matematrick.com. Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal HOTS untuk mapel matematika. Semoga bisa dijadikan bahan bacaan yang dapat memberikan ide untuk melakukan pengembangan soal HOTS lainnya.

Contoh Soal HOTS Matematika

Contoh soal HOTS 1

Untuk dapat diterima di Fakultas Teknik, seorang calon mahasiswa harus lulus tes matematika dengan nilai tidak kurang dari 7, tes biologi dengan nilai minimal 5, dan jumlah nilai matematika dan biologi paling sedikit 13. Seorang calon dengan jumlah dua kali nilai matematika dan tiga kali nilai biologi adalah 30. Apakah calon tersebut dapat diterima di Fakultas Teknik?


Contoh Soal HOTS 2

Di sebuah toko tersedia 1 lusin lampu, 2 diantaranya rusak. Ada 3 orang yang akan membeli masing-masing lampu. Peluang pembeli ketiga mendapat lampu rusak adalah ....


Contoh Soal HOTS 3

Seorang penjaga gawang profesional mampu menahan tendangan penalti dengan peluang 3/5. Dalam sebuah kesempatan dilakukan 5 kali tendangan. Peluang penjaga gawang mampu menahan 3 kali tendangan adalah ....

Contoh Soal HOTS 4

Sekeping uang logam dilempar undi sebanyak 4 kali dan hasilnya 4 kali muncul angka Jika uang logam tersebut dilempar undi 1 kali lagi, maka kemungkinannya adalah … .
A. pasti muncul gambar
B. pasti muncul angka
C. muncul gambar atau angka
D. tidak bisa ditentukan.

Contoh Soal HOTS 5

Rana menginginkan uang sejumlah Rp500.000,00 diambil dalam dua ATM dengan nilai nominal yang berbeda, yaitu uang Rp100.000,00 dan Rp50.000,00. Berapa banyak variasi pengambilan
uang yang dapat dilakukan Rana untuk mengambil uang tersebut?
A. 3 cara
B. 4 cara
C. 5 cara
D. 6 cara
E. 7 cara

Contoh Soal HOTS 6

contoh soal HOTS Matematika
Toko “Rama Sanjaya" menjual cendera mata dengan harga khusus. Jika membeli 3 barang sekaligus dapat diskon 20% dan jika membeli lebih dari 3 barang dapat diskon 25%.
Rana membeli sebutir mutiara, 2 buah gantungan kunci dan 3 baju, perbandingan harga
sebelum dan sesudah diskon adalah …
A. 65 : 51
B. 85 : 68
C. 340 : 187
D. 340 : 323

Itulah beberapa contoh soal HOTS Matematika yang bisa kami bagikan. Semoga dapat memberikan inspirasi dan gambaran bagi Bapak/ibu Guru dalam penyusunan soal HOTS khususnya untuk mapel Matematika.

Silakan Anda baca juga contoh soal HOTS lainnya di tautan berikut:
Teknik penyusunan soal HOTS dan Contoh soal HOTS Matematika
Contoh soal HOTS Matematika SMP

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada manfaatnya.

Dapatkan artikel terbaru:

1 Response to "Contoh Soal HOTS Matematika SMA"

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.