Teka Teki Matematika Bab Geometri

Selamat datang para pecinta matematika. Berikut ini saya berikan teka-teki yang berkaitan dengan pelajaran matematika bab geometri. Selain sebagai selingan, teka teki ini juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kreatifitas siswa terutama berkaitan dengan kompetensi bab bangun datar.

1. Teka Teki Pembagian Persegi

Bu Yuni membeli martabak telur untuk empat orang anaknya di rumah. Martabak telur itu berbentuk persegi utuh dan belum diiris-iris. Di tengah perjalanan pulang Dia bertemu seorang anak kecil yang nampak lusuh. Akhirnya martabak itu diiris seperempatnya dan diberikan ke anak kecil tersebut. (lihat gambar)

teka teki geometri

Persoalannya sekarang adalah, Bu Yuni hendak membagi martabak sisanya kepada 4 anaknya secara adil. (adil dalam hal ini adalah mempunyai bentuk dan ukuran yang sama).
Bisakah Anda membantu bagaimana cara Bu Yuni membagi martabaknya?
Solusi:



2. Teka Teki Membagi Tanah

Pak Raden adalah seorang tuan tanah dan meninggalkan warisan berupa sebidang tanah berbentuk persegi. Tanah itu dipasrahkan kepada istrinya agar dibagi dengan keempat anaknya. Istrinya mengambil bagiannya terlebih dahulu dan uniknya dia memilih sebidang tanah berbentuk segitiga.
(lihat gambar)
teka teki membagi warisan tanah

Sisa dari tanah tersebut diberikan kepada anak-anaknya dan disuruh membaginya menjadi 4 bagian yang adil (sama bentuk dan luasnya). Bisakah anda membantu keempat anak Pak Raden untuk membagi tanah tersebut?
Solusi:
silakan dicoba dulu ya..



Demikianlah teka teki geometri yang bisa saya bagikan untuk anda. Jika ada pertanyaan atau tanggapan silakan anda tuliskan di kolom komentar di bagian bawah postingan ini. Terima kasih sudah membaca sampai tuntas, semoga ada manfaatnya.

Dapatkan artikel terbaru:

3 Responses to "Teka Teki Matematika Bab Geometri"

  1. In the following chapter, you gave a puzzle related to the mathematics lesson in the geometry chapter. This is very needed.

    ReplyDelete
  2. I really loved to solve such riddles that are based on logic when I was a child. I am sure it is very useful for developing your mind.

    ReplyDelete
  3. I give up, please answer, so i Van sleep well without thinking of that

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.