Tips Trik Mengerjakan Soal Tes Bakat Skolastik (TBS)

tips dan trik mengerjakan soal tes bakat skolastik


APA ITU TES BAKAT SKOLASTIK (TBS)

Tes Bakat Skolastik merupakan seperangkat alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika orang tersebut diberikan kesempatan melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau ditempatkan pada situasi yang baru. Contoh seleksi yang menggunakan Tes Bakat Skolastik adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Penerimaan ASN (Seleksi CPNS dan Seleksi PPPK).

Secara umum Tes Bakat Skolastik mengukur kemampuan bernalar seseorang dan terbagi menjadi tiga sub kompetensi, yaitu: Tes Kemampuan Verbal, Tes Kemampuan Kuantitatif, dan Tes Kemampuan Penalaran. Berikut ini rincian dari masing-masing sub kompetensi Tes Bakat Skolastik (TBS):

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes Kompetensi Verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa.
Tes Verbal umumnya terdiri dari: Sinonim (kesamaan kata), Antonim (lawan kata), Analogi dan Wacana.

2. Tes Kemampuan Kuantitatif

Tes Kompetensi Kuantitatif digunakan untuk mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.
Tes Kuantitatif biasanya terdiri dari: Pola bilangan/Deret Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

3. Tes Kemampuan Penalaran

Tes Penalaran ditujukan untuk mengukur kemampuan memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan dalam penyelesaian masalah.
Tes Penalaran terdiri dari: Penalaran Logis, Penalaran diagram/gambar dan Penalaran Analitis.

Pada Seleksi Peminatan di tingkat SMA, siswa yang menunjukkan skor tinggi pada subtes verbal disarankan untuk masuk ke jurusan IPS, sedangkan siswa yang tinggi pada subtes kuantitatif disarankan untuk masuk peminatan IPA. Untuk kedua peminatan tersebut siswa dituntut memiliki kemampuan penalaran yang tinggi pula.

Contoh Soal Tes Bakat Skolastik dan Pembahasan

1. Contoh Tes Kemampuan Verbal

Bagian 1 : Sinonim/Padanan Kata

Petunjuk :
Untuk soal nomor 1 diberikan satu kata yang dicetak dengan huruf besar (huruf kapital) diikuti lima kemungkinan jawaban. Pilihlah satu jawaban yang mempunyai arti sama atau paling dekat dengan arti yang dicetak dengan huruf kapital.
Soal:
1. LIGA
a. piala
b. kompetisi
c. kejayaan
d. perserikatan
e. penyelenggara

Bagian 2 : Antonim/Lawan Kata

Petunjuk:
Untuk soal nomor 2 diberikan satu kata yang dicetak dengan huruf besar (huruf kapital) diikuti lima kemungkinan jawaban. Pilihlah salah satu kemungkinan jawaban yang mempunyai arti yang berlawanan dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital
Soal:
2. PARASIT
a. konfusit
b. inplisit
c. trombosit
d. analis
e. simbiosis

STRATEGI DAN TRIK MENJAWAB SOAL SINONIM DAN ANTONIM
Salah satu strategi paling ampuh untuk menguasai tes verbal bagian sinonim dan antonim adalah membaca, membaca, dan membaca. Perbanyak latihan soal dan perbendaharaan kata.

Jalan ninjaku: 
Untuk sinonim/padanan kata jika tidak ada bayangan sama sekali, maka jangan memilih yang berbunyi mirip, karena biasanya itu jebakannya. 
Untuk mencari antonim/ lawan kata anda harus konsentrasi, karena biasanya pikiran akan terdistraksi menemukan sinonimnya dulu, dan biasanya pengecoh mengandung jawaban itu.

Bagian 3: Analogi Padanan Hubungan Kata

Petunjuk:
Untuk soal nomor 3 diberikan dua/tiga kata yang saling berhubungan. Temukan hubungan dari kata yang diberikan tersebut, kemudian pilihlah salah satu kemungkinan jawaban dari lima pilihan yang mempunyai hubungan sama. 
Soal:
3. BANGSA : ETNOLOGI = ...
a.demonstrasi : demografi
b. Bumi : geografi
c. Planet : astronomi
d. Penyakit : patologi
e. Alam : biologi

STRATEGI DAN TRIK MENJAWAB SOAL ANALOGI
Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan khusus dari dua kata atau lebih dari kata yang diberikan.

Jalan ninjaku:
Ketika merasa sudah menemukan hubungan kata-kata tersebut coba digali lagi adakah hubungan yang lebih khusus. Karena biasanya pada option pengecoh ada beberapa pasangan kata yang mempunyai hubungan sama secara umum.

Bagian 4 : PEMAHAMAN WACANA

Petunjuk :
Soal nomor 4 berhubungan dengan wacana (kutipan) berikut ini. Bacalah kutipan itu baik-baik, lalu jawablah soal-soal yang menyertainya. Setiap soal mempunyai lima kemungkinan jawaban. Tugas anda adalah memilih jawaban yang tepat sesuai dengan isi wacana tersebut.

bersambung...



Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Tips Trik Mengerjakan Soal Tes Bakat Skolastik (TBS)"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.