Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran

Pendekatan saintifik Kurikulum 2013
Tags: strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik, model pembelajaran, pendekatan saintifik, kurikulum 2013, 5M
Selamat datang kembali di Matematrick. Tahun Pelajaran 2015/2016 baru saja dimulai. Tentunya bagi para guru sudah mempersiapkan senjatanya jauh-jauh hari sebelumnya, baik dari Silabus, Prota (program tahunan), Promes (Program semester), Menganalisis KI dan KD, membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Kaldik (Kalender Pendidikan), menghitung minggu dan hari efektif, Rancangan penilaian, Program remidial dan Program Pengayaan, dan lain sebagainya. Di dalam membuat perangkat pembelajaran seperti yang tersebut di atas, pemahaman akan istilah-istilah menjadi cukup penting sebagai landasan berpijak dalam mengaplikasikannya. Satu hal yang ingin saya soroti dan sering saya temukan adalah rancunya penyebutan antara strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode, teknik, dan model pembelajaran di dalam RPP yang dibuat oleh Bapak-Ibu Guru.
Berikut ini akan saya kutipkan pengertian-pengertian dari strategi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran dengan harapan nantinya dalam pembuatan RPP tidak salah kaprah lagi.

STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran adalah suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien
Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran
MODEL PEMBELAJARAN
Model adalah suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sesungguhnya
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan.
Model Pembelajaran adalah contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam pengertian lain Model Pembelajaran adalah suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
Silakan dibaca juga :
Model pembelajaran kurikulum 2013

PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan adalah suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai
Pendekatan pembelajaran adalah suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip  dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.

METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Metode adalah jabaran dari pendekatan. Satu pendekakatan bisa dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran
TEKNIK PEMBELAJARAN
Teknik Pembelajaran adalah cara-cara konkrit yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran
Contoh Penerapan
   Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
   Metode :  Cooperative Learning
   Teknik  :  Diskusi Kelompok, Inquiry Kepustakaan, Tanya Jawab
   Model   :  Jigsaw
   Pendekatan : PAKEM
   Metode :  Tanya Jawab 
   Teknik  :   Siswa membuat dan menjawab pertanyaan sendiri
   Model   :  Snowball Throwing
Di dalam Kurikulum 2013 yang sekarang mulai diterapkan di sebagian sekolah-sekolah piloting ada dikenal namanya istilah Pendekatan Saintifik. Secara Istilah pengertian dari pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar  peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.
Langkah-langkah pada Proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintik sering dikenal dengan pendekatan 5M terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.  
Kegiatan belajar dalam mengamati antara lain : Membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).
Kegiatan belajar dalam menanya antara lain : Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
Kegiatan belajar dalam mengumpulkan informasi antara lain : melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/ kejadian/
aktivitas, dan wawancara dengan nara sumber.
Kegiatan belajar dalam mengasosiasi antara lain : mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.
Pengolahan informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan antar fakta, fakta dengan konsep, konsep dengan konsep.
Kegiatan belajar dalam menyimpulkan antara lain : Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya.

Demikianlah sedikit uraian tentang perbedaan istilah-istilah strategi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran serta sedikit penjelasan tentang Pendekatan saintifik di dalam Kurikulum 2013. Apa yang saya tuliskan di atas sangatlah minim dan tidak lengkap. Untuk itu jika ada kekurangan, kekeliruan, ataupun ketidakjelasan silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Lepas dari itu semua, satu hal yang terpenting adalah adanya kemauan Bapak/Ibu Guru untuk memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas yang Bapak/Ibu guru ampu.
Untuk Bapak/Ibu guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 seperti Silabus dan RPP silahkan menuju ke silabus dan RPP kurikulum 2013 Sudah saya uploadkan pula modul-modul pembelajaran matematika SMA yang masih relevan untuk digunakan dalam kurikulum 2013.
Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca. Semoga ada manfaatnya. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

15 Responses to "Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran"

  1. Assalamuallaikum P[ak Suratno. Menarik nih artikelnya penuh dengan education saya banyak belajar tentang Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. makasih ya Pak sudah berbagi salam silaturahim :)

    ReplyDelete
  2. Lama saya tak saling sapa sama Pak Suratno. apa kabar nya Pak semoga baik dan sehat selalu. blognya makin keren dan artikel nya bisa membuat anak bangsa jadi pandai.

    ReplyDelete
  3. terima kasih pencerahannya. salam pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Makasi buat nambah referensi menghadapi UKG hahaa

    ReplyDelete
  5. Syukron Katsiiron, Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sangat membantu. Tapi jika digambarkan dengan diagram bisa gak pak. Mungkin dapat memperjelas. Kalau memang Ada keterkaitan antara strategi. Pendekatan. Model. Metode dan teknik

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sangat membantu. Tapi jika digambarkan dengan diagram bisa gak pak. Mungkin dapat memperjelas. Kalau memang Ada keterkaitan antara strategi. Pendekatan. Model. Metode dan teknik

    ReplyDelete
  8. iya, setuju dengan komentar sebelumnya. biar lebih jelas mohon digambarkan keterkaitan antara pendekatan, model, metode dan teknik dalam bentuk diagram

    ReplyDelete
  9. bagus artikel nya ^-^
    sebagai penambah, saya menulis artikel terkait tentang pengertian pendekatan, metode, strategi, teknik, dan model pembelajaran di link berikut
    https://tintapendidikanindonesia45.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html

    ReplyDelete
  10. terima kasih ilmunya ...semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.