Contoh Permainan Ice Breaking Indoor

Permainan Ice Breaking - Matematrick.com
Selamat datang di matematrick.com, tempat permainan angka dan tebak-tebakan logika. Kali ini kita akan membahas permainan ice breaking untuk siswa yang cukup menarik dan menantang. Permainan ice breaking ini dapat diberikan di dalam kelas saat siswa terlihat suntuk dan bosan atau bisa juga dimanfaatkan sebagai trigger saat mengawali proses pembelajaran. Permainan ice breaking yang akan kita bahas terdiri dari dua jenis, yakni permainan tebak-tebakan logika dan permainan tebak tebakan angka.

Permainan Tebakan Logika

Permainan ice breaking yang pertama adalah permainan tebak-tebakan menggunakan logika/penalaran. Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar 1: Permainan pertanyaan logika

permainan pertanyaan logika

Saat gambar ini saya sajikan pada para siswa, ada beragam jawaban dengan alasan yang lucu-lucu dan menarik. Sayangnya dari semua jawaban dan alasan itu masih dapat dibantah dan disangkal menggunakan logika yang lain.
Berikan beberapa waktu untuk mereka saling berdebat sendiri, menjawab dan disangkal oleh teman yang lain, maka dapat dipastikan suasana akan ramai dan antusias. Biarkan sejenak sampai mereka sendiri penasaran dan berhenti berdebat untuk meminta jawaban dan penjelasan anda.

Setelah beberapa saat, tampilkan gambar berikutnya.
Gambar 2: Tebak-tebakan logika
Tebak-tebakan logika
Dari gambar yang kedua ini tanyakanlah ke arah mana bus akan berjalan. Maka sebagian besar akan berpikir sejenak lalu berkata: ooo...
Perbedaan gambar pertama dengan yang kedua adalah pada gambar kedua nampak pintu busnya, sedangkan pada gambar yang pertama tidak nampak. Beberapa anak yang penalarannya cukup bagus akan langsung berpikir bahwa gambar kedua akan bergerak ke kiri dengan membayangkan situasi yang sebenarnya di jalan. Akhirnya dapat disimpulkan pada gambar yang pertama bus nya bergerak ke arah sebaliknya, yaitu ke kanan.

Beberapa siswa yang tidak puas pasti akan menyangkal dan mendebatnya dengan beberapa argumen namun saya yakin dapat anda patahkan dengan mudah. Namun, jangan lakukan. Biarkan teman mereka yang menyangkal dan mendebatnya sendiri sehingga pada akhirnya mereka akan sepakat dengan sendirinya.

Permainan Menebak Angka

Jenis permainan ice breaking kedua yang akan kita bahas adalah permainan menebak angka. Perhatikan gambar pola bilangan di bawah ini.
Gambar 1: Menebak pola bilangan
Menebak pola bilangan

Tebak-tebakan ini pernah saya posting di sini: permainan menebak angka , dan di antara sekian puluh jawaban dari para pembaca sudah banyak yang benar, meskipun yang terjebak juga tidak kalah banyak. :)
Beberapa pembaca yang terjebak akan menjawab 15, dengan pola pikir seperti gambar penjelasan di bawah ini.
Gambar 2: Tebak-tebakan angka
Tebak-tebakan angka
Mereka hampir saja merasa senang setelah pola yang mereka temukan cocok dan sesuai, sampai akhirnya tiba di angka 7 yang menjadi ganjalan. Andai angka 7 adalah angka 8 maka apa yang mereka sangkakan adalah sudah benar dan jawabannya adalah 15. Sayangnya pola tebak-tebakan angka yang dimaksud bukan seperti itu.

Penjelasan dari jawaban yang benar adalah sebagai berikut. Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar 3: Permainan menebak angka
Ternyata... untuk mendapatkan angka berikutnya adalah dengan cara menjumlahkan tiap digit dari bilangan tersebut, sehingga jawaban akhir semestinya adalah 2+1+3+6=12.

Itulah contoh permainan ice breaking yang dapat saya bagikan. Silakan diadopsi dan dikembangkan sendiri jika dirasa berguna. Jika anda menginginkan file powerpoint dari ice breaking di atas, silakan anda unduh pada tautan berikut:
Permainan ice breaking.ppt

Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan membaca postingan tentang permainan ice breaking ini. Jika ada kritik saran atau ide permainan ice breaking lainnya mohon sudi untuk berbagi melalui kolom komentar di bawah postingan ini agar nantinya dapat bermanfaat pula untuk pembaca yang lain. Salam.

0 Response to "Contoh Permainan Ice Breaking Indoor"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...