Permainan Matematika Untuk Anak SD

Tags: Permainan Matematika untuk anak SD, Tebak-tebakan angka, Permainan matematika mudah

Permainan Matematika Untuk Anak SD | Selamat datang di blog Matematrick, tempat untuk bersenang-senang  dengan matematika melalui Permainan-permainan logika yang sederhana, menarik dan menantang. Kali ini saya akan membahas tentang permainan matematika tentang sistem persamaan Linier. Materi tentang sistem persamaan linier ini sudah diajarkan sejak mulai bangku SD, SMP, sampai SMA. Saya akan mulai pembahasan tentang permainan matematika ini dengan menyajikan sebuah soal permainan tebak-tebakan matematika untuk anak SD yang saya yakin semua pasti pernah menemui pada saat di sekolah dasar dulu. Atau kalau tidak sekurangnya mirip-miriplah dengan soal ini. Berikut ini soal tebak-tebakannya:
Pak Madi mempunyai hewan peliharaan berupa ayam dan kambing. Suatu hari sahabat Pak Madi yang bernama pak Amir datang berkunjung ke rumahnya.
Pak Amir : "Wah, banyak betul hewan peliharaanmu. Berapa jumlahnya?"
Pak Madi : "Ah, tidak banyak kok. Jumlah kepalanya ada 25, sedangkan jumlah kakinya ada 84."
Pak Amir : "Waduh, kok gitu jawabannya. Saya tanya berapa jumlah kambingmu dan berapa jumlah ayammu?"
Pak Madi : "Itu tadi jawabannya, silahkan dihitung sendiri"
Bisakah Anda membantu Pak Amir menghitung berapa jumlah masing-masing kambing dan ayam milik Pak Madi?
Soal cerita seperti di atas atau yang sejenis dengan itu, jamak kita temui di dalam buku-buku paket anak SD. Biasanya permainan tebak-tebakan matematika seperti ini diberikan pada saat guru hendak mengajak siswa belajar tentang sistem persamaan linier dua variabel.

Solusi: Gampang :)

Baca Juga : Permainan Matematika - Tebak tebakan Logika

Kalau kita cermati, bab persamaan linier seperti ini diajarkan sejak SD, SMP, sampai SMA. Dan biasanya, soal cerita tentang persamaan linier ini menjadi favorit untuk dikerjakan karena mudah. Mungkin anda pernah melihat--entah itu di facebook atau pada saat googling, tebak-tebakan matematika seperti di bawah ini:

permainan matematika
permainan tebak tebakan matematika
Soal permainan tebak-tebakan matematika di atas sebenarnya sama saja dengan kasus soal tentang Pak Madi di awal. Hanya saja disajikan dalam bentuk lain yaitu berupa gambar. Penyelesaiannya pun menggunakan cara penyelesaian sistem persamaan linier, yaitu:
1. Eliminasi
2. Substitusi
3. Gabungan Eliminasi dan Substitusi
4. Intuisi

Contoh penyelesaian soal di atas menggunakan cara eliminasi.

Gambar: Jawaban tebak-tebakan matematika (menyusul)

Saya berikan lagi 1 contoh permainan matematika menebak angka yang saya ambil dari internet.


Permainan Matematika untuk anak SD


Permainan Matematika untuk Anak SD
permainan matematika untuk anak SD
Gambar: soal permainan matematika

Untuk yang ini silahkan anda kerjakan terlebih dahulu. Kalau sudah tuliskan jawaban anda di kolom komentar agar bisa saya nilai. Saya yakin dari jawaban yang masuk tidak lebih dari 25% yang benar. Tidak percaya? Buktikan jawaban anda berapa. :)

Demikianlah sedikit pembahasan tentang permainan matematika untuk anak SD dan tebak-tebakan angka bab sistem persamaan linier. Semoga bisa memberi manfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

7 Responses to "Permainan Matematika Untuk Anak SD"

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.