Relasi dan Fungsi : Materi Matematika SMP

Pengertian Relasi dan Cara Menyatakan Relasi


Selamat datang di kelas matematika online. Kali ini kita akan belajar mengenai apa itu relasi dan bagaiman cara menyatakan relasi tersebut. Sebagai langkah awal, kita akan membahas pengertian relasi.

Relasi adalah hubungan antara anggota suatu himpunan dengan anggota himpunan yang lain. Relasi dari himpunan C ke himpunan D adalah menghubungkan anggota-anggota himpunan C dengan anggota-anggota himpunan D.

Contoh Relasi:

Himpunan Y = { 1,2,3 } dan himpunan Z = { A,B,C }
Anggota-anggota himpunan Y dan Z dapat dihubungkan dengan relasi yaitu "faktor dari".

CARA MENYATAKAN RELASI


Nah, contoh relasi diatas dapat kita nyatakan dengan tiga pilihan. Pertama adalah diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan beruntun. Penasaran? langsung saja lihat dibawah ini sobat.

1. Diagram Panah


Contoh relasi pada point (i) dapat kita nyatakan kedalam diagram panah sebagai berikut:

2. Diagram Cartesius


Contoh relasi pada point (i) dapat kita nyatakan kedalam diagram cartesius sebagai berikut:

3. Himpunan Pasangan Beruntun


Contoh di atas dapat dinyatakan dalam himpunan pasangan berurutan dengan memasangkan secara berurutan anggota-anggota himpunan A dan anggotaanggota himpunan B yaitu:

{(1,A), (1,B), (2,B), (3,B), (3,C)}

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan tentang Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi semoga bermanfaat.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Relasi dan Fungsi : Materi Matematika SMP "

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.