Permainan Korek Api Kayu

Matematrick.com - Permainan korek api
Selamat berjumpa kembali di matematrick.com, tempat bermain angka dan tebak-tebakan logika. Kali ini saya akan sajikan sebuah permainan korek api klasik yang sering dijadikan bahan tebak-tebakan di saat kumpul-kumpul dengan teman. Permainan tebak-tebakan korek api ini dinamakan permainan mencari jodoh.

Permainan Korek Api

Permainan tebak-tebakan ini dulu sekali saya mainkan bersama teman-teman SMP sekitar tahun 90an. Anda bisa menggunakan batang korek api kayu atau lidi sebagai pengganti. 
permainan korek api
permainan korek api

Cara bermainnya adalah sebagai berikut: 
Disediakan 10 batang korek api kayu yang diletakkan secara berjajar dengan jarak yang sama. 

Tujuannya: 
Anda diberi kesempatan menggerakkan 5 batang korek api sehingga kesepuluh batang korek api tersebut menjadi saling berpasangan (tidak ada satupun batang korek api yang tidak mempunyai pasangan). 
Aturan mainnya: 
Batang korek api hanya bisa berpindah/dipasangkan dengan batang korek api lain dengan cara melompati TEPAT dua buah batang korek api yang lainnya.

Contoh: Jika Anda menggerakkan batang korek api nomor 1 (paling kiri) maka jatuhnya atau pasangannya adalah dengan batang korek api nomor 4(melewati dua buah batang korek api, yakni nomor 2 dan 3). 
Tetapi, jika demikian maka batang korek api nomor 2 menjadi tidak bisa dipasangkan dengan batang korek api manapun.
Lihat gambar:
permainan korek api kayu
permainan korek api kayu

Kunci dari permainan tebak-tebakan korek api ini adalah kemauan untuk melakukan 'trial and error'. Untuk mereka yang kurang begitu menyukai tantangan biasanya akan menghentikan usahanya pada kegagalan ketiga atau kelima. Dan ini banyak saya temui di sepanjang saya memainkan permainan ini. Padahal, barangkali saja jika mereka mau mencoba alternatif lainnya sekali lagi, solusi itu akan mereka dapat. 
Tapi, ya begitulah manusia; ragam dan kecerdasannya berbeda-beda untuk setiap orang.

Nah, untuk anda yang setipe dengan yang saya sebutkan di atas, berikut ini saya berikan kunci atau solusi dari tebak-tebakan korek api tadi.
Tetapi, saya yakin, untuk sebagian besar orang, ada kepuasan tersendiri tatkala dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan daya upayanya sendiri. 
Maka, saran saya sebelum anda memutuskan untuk mengintip jawaban yang saya cantumkan di bawah ini, cobalah untuk mensimulasikannya terlebih dahulu untuk menemukan jawaban tebak-tebakan korek api tersebut.

Solusi permainan tebak-tebakan korek api


permainan korek api matematika
solusi permainan korek api

Baca juga tebak-tebakan korek api yang lain: Permainan korek api pasti menang

Demikianlah permainan tebak-tebakan korek api dan jawabannya yang bisa saya bagikan untuk anda. Komentar dan ide lain terkait dengan permainan ini bisa anda tuliskan pada kolom komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

1 Response to "Permainan Korek Api Kayu"

  1. jadi ingat jaman SD dulu. pernah saya memainkan permainan korek api ini.

    ReplyDelete

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.