Cara Menghitung Luas Tanah Berbentuk Segitiga

Menghitung Luas Tanah Berbentuk Segitiga | Matematrick.com
Selamat datang para pembaca dan penggemar matematika. Sebelum kita membahas tentang teknik menentukan luas segitiga, saya awali dulu dengan sebuah cerita. Pada suatu hari saya pernah didatangi oleh Pak Carik di desa saya. Beliau minta bantuan untuk diajari teknik menghitung luas tanah yang bentuknya bermacam-macam. Tentunya bukan menggunakan metode yang rumit dan harus presisi nilainya, tetapi cukup cara yang simpel namun hasilnya mendekati kebenaran. Ya, maklum karena beliau bukan mahasiswa matematika.

Lanjut, akhirnya saya berikan beberapa konsep dan teknik cara menentukan luas tanah agar beliau bisa memilih mana yang menurutnya mudah dan tentunya tepat. Salah satu di antaranya adalah saya sarankan untuk menggunakan konsep luas segitiga. dst.

Baiklah, berikut ini saya berikan persoalan menghitung luas tanah untuk mengingatkan Anda tentang konsep dasar segitiga.

Teknik Menghitung Luas Tanah Berbentuk Segitiga

Masalah: Ada dua orang sedang bercerita di gubug sawah. Mereka adalah Pak Rama dan Pak Urdha.
Pak Rama: Wah sawahmu luas sekali ya.. berapa ini total luasnya?
Pak Urdha: Ah, ndak juga, cuma sebau lebih 2 ru.. Kalau sawahmu?
Pak Rama: Aku tidak tahu berapa luasnya. Tapi pernah saya ukur dan kugambar seperti ini.

rumus luas segitiga


Pak Urdha: Wah, lumayan tu.. (sambil manggut-manggut)
Pak Rama: Iya, kemarin ada yang ingin membeli dengan harga Rp 100.000,- per meter2. Kira-kira berapa uang yang aku terima seluruhnya ya?
Pak Urdha: Hmmm... coba aku hitung dulu.

Bisakah anda membantu Pak Rama menghitung uang yang akan dia terima dari penjualan sawahnya?

Silakan dioret-oret dan tuliskan jawaban anda di kolom komentar di bawah postingan ini untuk bisa saya tanggapi. Terima kasih.

Dapatkan artikel terbaru:

1 Response to "Cara Menghitung Luas Tanah Berbentuk Segitiga"

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.