Teka-Teki Matematika Menentukan Jarak Terpendek

Selamat bertemu kembali di blog matematrick.com. Pada kesempatan kali ini akan saya postingkan untuk anda, sebuah teka-teki matematika yang cukup mudah. Materi yang berkenaan dengan permasalahan ini adalah materi segitiga yang diajarkan di bangku SMP kelas 8.
Berikut ini teka-tekinya:

Teka-Teki Matematika Menentukan Jarak Terpendek


Ada dua orang sedang berdebat. Mereka saat ini berada di kota A dan akan pergi ke kota D menggunakan motor. Sebut saja Rama dan Urdha.

teka teki matematika menentukan jarak terpendek



Rama: Lebih baik kita lewat kota C. Aku pernah melewatinya menggunakan motor. Jarak kota A ke kota C hanya 6 km sedangkan dari kota C ke kota D berjarak 15 km.
Urdha: Kita lewat kota B saja, kelihatannya lebih dekat.

Akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan motor sendiri-sendiri. Rama menuju kota D lewat kota C, sedangkan Urdha ke kota D lewat kota B. Setelah sampai kota D mereka melihat ke odometer masing-masing dan mendapati bahwa jarak yang mereka tempuh ternyata sama.

Pertanyaannya adalah, berapa jarak dari kota A ke hatimu kota B?

Catatan: Persoalan matematis ini sebenarnya bisa diselesaikan dalam perhitungan di kepala tanpa oret-oretan, jika anda tahu caranya.

Silakan anda coba pikirkan dan tuliskan jawaban anda di kolom komentar untuk dapat saya tanggapi. Terima kasih sudah membaca sampai tuntas. Salam.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Teka-Teki Matematika Menentukan Jarak Terpendek"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.