Strategi Bermain Catur untuk Pemula

Strategi Bermain Catur Agar Menang | matematrick.com
Permainan catur pada prinsipnya adalah adu strategi dan pertarungan mental. Ketika anda akan memulai permainan catur, anda harus paham strategi dan ide dari setiap posisi buah catur. Ada banyak teori dan konsep bermain catur yang dapat dipelajari yang nantinya bisa anda aplikasikan pada saat bermain dengan lawan anda.

Bermain catur tanpa strategi berarti anda siap-siap kalah. Buah catur anda akan bergerak tanpa koordinasi dan kerjasama yang baik jika anda tidak mempunyai rencana matang. Kalaupun akhirnya anda menang, itu lebih kepada keberuntungan atau lawan yang juga tidak mempunyai visi permainan catur yang jelas.

Strategi Bermain Catur untuk Pemula


Berikut ini saya bagikan panduan bermain catur untuk para pemula agar bisa bermain catur dengan lebih baik lagi. Tentunya, panduan ini hanya berlaku secara umum dan hampir setiap pemain catur profesional sudah mengerti akan prinsip ini. Dengan kata lain, setelah anda memahami prinsip-prinsip dasar strategi bermain catur ini, anda masih harus mempelajari dan mengasah kemampuan bermain catur anda terutama teori pembukaan catur, teori tengah permainan, dan berbagai kondisi akhir permainan catur.

Prinsip dan Strategi Bermain Catur untuk Pemula


  1. Kembangkan buah catur anda sesegera mungkin.
    Buah catur yang dimaksud di sini adalah Gajah, Kuda, Benteng, dan Menteri. Bukan pion.

  2. Lakukan rokade segera.
    Kembangkan gajah dan kuda di samping Raja lalu lakukan rokade.

  3. Jangan memajukan banyak pion.
    Jangan lakukan jika malah membuang waktu untuk mengembangkan buah catur lainnya. Cukup dengan memajukan pion di tengah agar dapat mengontrol petak pusat. Seringkali kekalahan catur berawal dari lengahnya sebuah pion yang dimajukan terlalu dini.

  4. Jangan menyerang menggunakan menteri terlalu awal.
    Bukannya mendapat keuntungan, justru lawan memperoleh kesempatan mengembangkan seluruh buah caturnya dan anda akan kehilangan tempo. Bayangkan menteri anda berjuang sendiri melawan seluruh buah catur lawan, dapatkah anda menang?

  5. Jangan memakan/menukarkan buah catur
    jika itu malah membuat lawan mendapat keuntungan posisi. 

  6. Pertahankan sepasang Gajah tetap utuh.
    Jangan ditukarkan dengan Kuda tanpa alasan yang jelas. Terkecuali anda sudah mulai menyerang dekat pertahanan lawan, silakan menukarkan gajah dengan kuda lawan.

  7. Lakukan analisa langkah terakhir yang dilakukan oleh lawan anda.
    Apa yang direncanakannya dan pikirkan langkah antisipasinya. Jangan sampai terlalu fokus dengan rencana anda sendiri tanpa memperhatikan jebakan-jebakan yang mungkin dibuat oleh lawan anda.

  8. Awasilah setiap langkah pion yang dilakukan oleh lawan.
    Teorinya adalah setiap langkah yang dibuat oleh pion lawan akan membuka celah kelemahan di petak catur yang bisa ditempati oleh kuda anda atau perwira lain.

  9. Pelajari teori pembukaan catur
    dan berlatihlah dengan pembukaan catur yang bagus dan solid. Jangan terburu-buru ingin menguasai beberapa teknik pembukaan catur. Lebih baik anda mahir dan paham menggunakan satu teknik pembukaan catur ketimbang hafal banyak teori pembukaan catur tapi tidak menguasainya.

  10. Terakhir, permainan catur bukanlah tentang pertarungan buah catur, tetapi penguasaan petak catur.
    Semakin luas petak catur yang bisa anda kontrol dan kuasai maka kemenangan hanya masalah waktu. Strategi paling umum adalah dengan menguasai petak tengah. Jangan mengembangkan buah catur ke pinggir petak karena akan sedikit area yang bisa dikuasai. Letakkan gajah dan kuda di depan pion agar bisa mengontrol petak lawan.


Itulah beberapa tips dan strategi bermain catur untuk pemula agar dapat meraih kemenangan. Sekali lagi, hampir semua pecatur profesional sudah paham dengan prisip-prinsip permainan catur di atas. Akan tetapi permainan catur mempunyai banyak variabel yang bisa menentukan menang kalahnya, termasuk dalam hal ini adalah faktor mental.

Semakin anda sering berlatih maka mental anda akan menjadi lebih 'teteg' saat bertanding dengan lawan. Tentu saja ini akan membuat langkah buah catur anda menjadi lebih meyakinkan dan sangat mungkin akan mempengaruhi mental lawan anda. Ujung-ujungnya yang diharapkan adalah lawan melakukan blunder sehingga kemenangan dapat kita raih.
Baiklah, selamat berlatih dan semoga sukses.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Strategi Bermain Catur untuk Pemula"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.