Mengenal Program Guru Merdeka Belajar

Di kuartal empat tahun 2021 ini Kemendikbud meluncurkan lagi sebuah Program Guru Belajar melengkapi berbagai program guru belajar lainnya yang sudah berjalan, yaitu Seri Guru Merdeka Belajar.  Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan memahami konsep guru merdeka belajar dan meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri untuk mengembangkan karier. 

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Guru seringkali memiliki banyak tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran dan administrasi. Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya. Guru yang merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun. Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar adalah program yang bertujuan untuk membantu guru mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier. 

Guru Merdeka Belajar

Tujuan Program Guru Belajar Seri Guru Merdeka Belajar

  1. Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri 
  2. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
  3. Mengenali miskonsepsi pendidikan sehingga peserta bisa berkembang menjadi Guru Merdeka Belajar yang menjadi penggerak perubahan pembelajaran. 
  4. Mengenali konsep pengembangan diri Guru Merdeka Belajar sehingga bisa melejitkan karier dan sekaligus berkontribusi terhadap pendidikan

Apa Itu Merdeka Belajar ?

Merdeka Belajar adalah belajar yang diatur sendiri oleh pelajar. Pelajar yang menentukan tujuan, cara dan penilaian belajarnya. Dari sudut pandang pengajar, merdeka belajar berarti belajar yang melibatkan murid dalam penentuan tujuan, memberi pilihan cara, dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.

Belajar bukan untuk ujian, tapi untuk mencapai tujuan belajar yang bermakna

Belajar bukan dikendalikan pengajar, tapi disepakati bersama antara pengajar dan pelajar

Belajar bukan dengan cara yang seragam, tapi ada diferensiasi cara belajar.

Belajar bukan hanya menghafal rumus, tapi menalar dan menyelesaikan persoalan

Belajar bukan untuk dinilai pengajar, tapi dinilai bersama untuk membangun kesadaran

Belajar bukan dinilai oleh besarnya angka, tapi oleh karya yang bermakna

Guru Merdeka Belajar 

Guru Merdeka Belajar adalah guru yang senantiasa berefleksi untuk menyesuaikan pemikiran untuk menyesuaikan pemikiran dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai tujuan.

Komitmen pada Tujuan

  • Melakukan praktik yang membuatnya sadar utuh terhadap pembelajaran yang esensial
  • Memahami dan memprioritaskan murid sebagai subjek dalam pembelajaran
  • Menetapkan tujuan dan target yang menantang tapi realistis dicapai dalam pembelajaran dan pengembangan diri

Mandiri pada Cara

  • Merancang pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan kesiapan murid
  • Mencari cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan yang ditemui pada pembelajaran murid
  • Mengikuti kegiatan (berkomunitas, berbagi, pelatihan, coaching dll) untuk melakukan pengembangan diri

Refleksi berkala

  • Membuat catatan reflektif harian untuk mengenal apa yang sudah efektif dan apa yang perlu diperbaiki
  • Meminta umpan balik dari rekan guru, kepala sekolah/madrasah untuk memperbaiki pembelajaran
  • Menindaklanjuti hasil refleksi dan umpan balik pada rencana pembelajaran pengembangan diri

Empat Kunci Pengembangan Guru Merdeka Belajar

1. Kemerdekaan:

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan menentukan tujuan, cara dan refleksi belajar untuk terus menerus melakukan pengembangan diri, seperti: terlibat dalam menetapkan target kinerja sekolah dan guru, memilih pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, dan melakukan refleksi berkala terhadap capaian dan proses mencapai target.

2. Kompetensi:

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan mengembangkan kompetensinya sehingga siap menghadapi tantangan pengajaran sesuai bidang studi, murid yang diajar dan relevan dengan konteksnya, seperti kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai kebutuhan belajarnya, kesempatan melakukan proyek percobaan, kesempatan mendapatkan umpan balik berkualitas dan kesempatan menilai kompetensinya.

3. Kolaborasi:

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan melakukan kolaborasi dengan guru dan komunitas untuk menghasilkan karya atau mencapai tujuan bersama, seperti: kesempatan berinteraksi ke sekolah lain, kesempatan terlibat di komunitas yang relevan dan kesempatan melakukan proyek bersama.

4. Karier:

Guru merdeka belajar mempunyai kesempatan untuk mengenali, memilih, merencanakan dan mengembangkan karier sesuai potensi dan aspirasinya dengan tetap mengajar di kelas, seperti kesempatan berkarya, kesempatan mengenalkan karya melalui presentasi, pameran atau di web/aplikasi dan mendapat umpan balik terhadap karyanya.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Mengenal Program Guru Merdeka Belajar"

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.