Alur Pendaftaran Seleksi Guru Penggerak

Saat ini rekrutmen calon guru penggerak sudah sampai pada angkatan 5, yang pendaftarannya akan dibuka mulai tanggal 4 Oktober 2021. Untuk mengecek apakah daerah anda termasuk daerah sasaran program guru penggerak angkatan 5 atau tidak, silakan dicek pada tautan berikut: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/.

Jika lokasi anda termasuk daerah sasaran program guru penggerak, dan anda memenuhi syarat untuk mendaftar, maka anda bisa melakukan registrasi mulai senin tanggal 4 Oktober 2021 dengan cara masuk ke akun SIMPKB masing-masing di  https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/gtk kemudian pilih menu Program Guru Penggerak. Nantinya ada tiga langkah yang harus dilalui oleh para calon guru pengerak pada seleksi tahap 1, yakni: 

  1. Pengisian Curriculum Vitae
  2. Pengisian Essai dan Survey Kebhinnekaan
  3. Tes Bakat Skolastik

Cara mendaftar guru penggerak

Langkah-Langkah Seleksi Pendidikan Guru Penggerak

1. Pengisian Curriculum Vitae

Pada tahapan ini anda diminta untuk mengisi dan mengunggah beberapa dokumen. Beberapa informasi yang perlu anda siapkan adalah:

  • informasi umum terkait identitas anda
  • data pengalaman mengikuti pelatihan
  • pengalaman berorganisasi
  • pengalaman menjadi sukarelawan
  • pengalaman mengembangkan orang lain

Selain itu siapkan dokumen scan KTP, surat dukungan kepala sekolah dan surat rekomendasi dari teman sejawat.

2. Pengisian Essai dan Survey Kebhinnekaan

Setelah Anda menyelesaikan tahap pengisian Curriculum Vitae maka proses selanjutnya adalah mengisikan Essai. Pada tahapan ini anda akan diberikan beberapa pertanyaan essai yang harus anda jawab secara tertulis. Materi pertanyaan seputar motivasi, inovasi, dan hal-hal lain terkait dengan pembelajaran dan guru penggerak.

Setelah Anda melakukan input semua tugas essai yang ada, proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi survei. Survei ini berkaitan dengan persepsi sosial guru, kebhinnekaan, dan sejenisnya.

3. Tes Bakat Skolastik

Setelah Anda menyelesaikan tahap pengisian Curriculum Vitae dan tahap pengisian Essai, serta lolos verval oleh Admin Pusat, maka proses selanjutnya yaitu tahap ketiga proses Tes Bakat Skolastik. Pada Tes Bakat Skolastik Guru Penggerak terdapat 3 Subtes dengan alokasi waktu 85 menit.

Subtes Bakat Skolastik

a. Tes Verbal

Jumlah soal tes verbal 30 butir soal dan harus dikerjakan dalam waktu 20 menit. Subtes Verbal terdiri dari 4 bagian, yaitu:

  • Padanan Kata
  • Lawan Kata 
  • Analogi
  • Pemahaman Wacana

b. Tes Kuantitatif

Jumlah soal tes kuantitatif 20 butir soal dan harus dikerjakan dalam waktu 40 menit. Subtes Kuantitatif terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  • Deretan Bilangan
  • Aritmatika dan Aljabar
  • Analisis Data

c. Tes Penalaran

Jumlah soal tes penalaran 21 butir soal dan harus dikerjakan dalam waktu 25 menit. Subtes Penalaran terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  • Logis
  • Diagram
  • Analitis

Silakan baca juga: Trik Mengerjakan Soal Tes Bakat Skolastik

Setelah tiga langkah di atas terselesaikan, berikutnya anda tinggal menunggu pengumuman. Bagi kandidat peserta guru penggerak yang dinyatakan lolos tahap satu akan dimunculkan kotak dialog informasi pada login SIM PKB masing-masing. Tahapan seleksi berikutnya adalah Simulasi mengajar dan wawancara dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh admin pusat.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunduh panduan dalam bentuk pdf di tautan berikut:

Panduan Registrasi Pendidikan Guru Penggerak

Demikian yang dapat kami bagikan tentang tata cara dan alur pendidikan guru penggerak, semoga bermanfaat. Salam Guru Penggerak.

Dapatkan artikel terbaru:

0 Response to "Alur Pendaftaran Seleksi Guru Penggerak "

Post a Comment

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.