Permainan Matematika - Tebak Tebakan Logika

Permainan Matematika - Tebak Tebakan Logika | Selamat datang kembali di blog permainan matematika, dimana matematika adalah sesuatu hal yang menyenangkan dan menantang untuk dipecahkan. Kali ini tebak tebakan logika/teka-teki matematika/permainan matematika yang akan kita bahas adalah tentang persamaan linier. Soal tentang persamaan linier yang umum kita temui di soal-soal buku SMA biasanya mudah diselesaikan menggunakan metode eliminasi, substitusi, metode gabungan ataupun menggunakan grafik. Tetapi kadang ada juga soal yang membutuhkan penalaran bagus untuk dapat menyelesaikannya dengan cepat dan ringkas. 
Untuk jenjang SMA, proses pembelajaran matematika bab pesamaan linier diajarkan di jenjang kelas X. Kompetensi akhir yang diharapkan adalah siswa nantinya dapat memecahkan masalah persamaan linier dan menyajikan pemecahan masalah tersebut sebagai terapan dari konsep dan aturan penyelesaian persamaan linier. 
Berikut ini adalah contoh soal tebak tebakan logika dan permainan dalam matematika bab persamaan linier:

Tebak Tebakan Logika

Fatah, Gino, dan Haris adalah seorang kuli penggali sumur. Untuk menggali sebuah sumur yang identik, berikut ini adalah catatan waktu mereka:
Ketika Fatah dan Gino bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 4 hari
Ketika Fatah dan Haris bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 3 hari.
Ketika Gino dan Haris bekerja bersama mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu 2 hari.
Jika Fatah bekerja sendirian, berapa waktu yang dibutuhkannya untuk menggali sebuah sumur?
Silahkan anda selesaikan permasalahan tebak tebakan logika di atas menggunakan konsep yang sudah anda ketahui. Sebagai petunjuk akan cukup membantu jika anda bisa menalar dan mencari solusi dari tebakan logika di atas dengan intuisi terlebih dahulu.
Demikian tebak-tebakan logika dan permainan matematika tentang persamaan linier. Jika anda tertarik untuk mendownload modul yang berisi ringkasan materi dan rumus, contoh penyelesaian soal dengan cara biasa dan cara cepat matematika (smart solution), dan soal-soal latihan untuk menguji pencapaian kompetensi anda, silakan menuju ke materi pelajaran matematika SMA.

Hehehe.. coba jawab dulu ya..

8 Responses to "Permainan Matematika - Tebak Tebakan Logika"

  1. Assalamualaikum bapak/ibu /saudara sekalian. Saya selaku panitia menginformasikan bahwa pendaftaran Olimpiade Matematika Amfibi se-Jawa Timur sudah dibuka per tanggal 13 Oktober 2014-20 November. Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun langsung ke SMP Ar Rohmah Boarding School Dau. Info lengkap di: www.wowbagoesmath.blogspot.com terima kasih.
    Create Your Life With Learning
    www.wowbagoesmath.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. keren banget tipsnya. blog yang seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob by
    cara mendapatkan uang dari internet

    ReplyDelete
  3. Fatah kinerjanya buruk butuh 6 hari!

    ReplyDelete
  4. contoh permasalahan yang sangat menarik
    jadi tertantang untuk coba membuatnya jadi media interaktif

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    ReplyDelete
  5. fata butuh 24 hari

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Fatah perlu 9 hari. Direspon dong biar tau mana yg bener...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang benar Fatah butuh 24 hari untuk menyelesaikan pekerjaan itu sendirian. :D

      Delete

Manfaatkan kotak komentar di bawah postingan ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick. Salam...