Permainan Teka Teki Matematika

Permainan Teka Teki Matematika | Selamat datang di Matematrick.
Dulu saya berpikir dan mencari tahu apa tujuan mempelajari matematika. Ada dua hal besar yang selalu saya usahakan untuk dapat saya kuasai; cara menemukan jawaban dari soal matematika dan menemukan cara cepat untuk menyelesaikan soal matematika.
Tetapi kemudian hal ini berkembang lagi. Matematika tidak melulu soal itu. Ada suatu keasyikan tersendiri manakala kita berproses menyelesaikan teka teki matematika. Pada saat kita berhasil menyelesaikan teka-teki matematika maka itu adalah suatu pengalaman terbaik dalam belajar matematika.
Sekarang saya selalu berusaha untuk menyelesaikan semua teka teki matematika yang saya temukan di buku/internet menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang saya punyai sendiri sebelum memutuskan untuk menyerah dan mengintip solusi/jawaban dari persoalan tersebut.

Nah, berikut ini saya berikan sebuah teka-teki matematika yang mudah untuk diselesaikan. Bisa jadi nanti hal ini akan melibatkan konsep dan pengetahuan matematika anda bab geometri bidang datar, atau trigonometri tentang aturan sin cos dalam segitiga, atau bahkan mungkin bisa juga bab transformasi geometri.

Permainan Teka Teki Matematika

Jalur Terpendek




Rama mempunyai seorang nenek yang tinggal di sisi yang sama pinggir sungai. Persoalannya adalah menemukan jalur terpendek yang harus ditempuh oleh Rama dari rumah membawa ember kosong, menuju sungai dan mengisinya dengan air, kemudian membawa ember tersebut ke rumah neneknya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Abaikan kemungkinan Rama berenang dalam sungai itu.
  • Abaikan fakta perjalanan membawa ember berisi air lebih sulit ketimbang membawa ember kosong.
  • Tujuannya hanya menemukan jalur terpendek dari rumah Rama - sungai - rumah neneknya.

Selamat bermain-main. Anda boleh mendownload gambar di atas atau menggambarnya kembali di buku anda kemudian mencorat-coret segala kemungkinan jawabannya.
Solusi/jawaban dari soal teka teki matematika di atas saya sertakan di bagian akhir postingan ini. Tetapi--sekali lagi--usahakan untuk menjawab teka teki matematika tersebut dengan segala kemampuan dan konsep yang anda miliki terlebih dahulu. Sungguh, anda akan menemukan suatu kepuasan tersendiri manakala berhasil memecahkan suatu teka teki matematika dengan usaha dan kemampuan sendiri. Pun, saat anda tidak berhasil memecahkan persoalan itu setelah berupaya semaksimal mungkin, pada akhirnya akan ada perasaan puas saat bilang "ooo..." dan manggut-manggut melihat solusi/kunci jawabannya.

Solusi:

Untuk penjelasannya tidak saya sertakan, mari kita diskusikan di kolom komentar di bawah postingan ini. 


Terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca postingan tentang teka teki matematika di atas. Semoga ada manfaat yang bisa di ambil. Salam.

Tags:
teka teki matematika
teka teki matematika dan jawabannya
Teka-teki matematika
asah otak matematika
teka teki matematika lucu
tes iq matematika dan jawabannya
tes iq matematika
teka teki asah otak matematika
Teka teki mtk
soal tes iq matematika


Dapatkan artikel terbaru:

3 Responses to "Permainan Teka Teki Matematika"

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.