Soal Post Test Modul 2 | Kurikulum Merdeka

Bapak/Ibu Guru, berikut ini kami bagikan soal dan kunci jawaban Post Test Modul 2 Topik Kurikulum Merdeka. Harapannya postingan ini dapat meringankan Bapak/Ibu dalam menyelesaikan tahapan post test Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar dan bisa segera melakukan aksi nyata sesuai dengan yang diharapkan. 

Materi pada Modul 2 Kurikulum Merdeka adalah tentang: Prinsip Umum Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Proses Belajar dalam mencapai Capaian pembelajaran, Kompetensi, Capaian pembelajaran dan Profil pelajar Pancasila, dan Struktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru.

Jawaban Soal Post Test Modul 2 | Topik: Kurikulum Merdeka

Soal Post Test Modul 2 | Kurikulum Merdeka

1. Sebelum tahun ajaran baru dimulai, Pak Seno menggali informasi mengenai kebutuhan dan kemampuan murid untuk merancang pembelajaran yang akan dilakukan. Hal yang dilakukan Pak Seno merupakan contoh penerapan prinsip umum pembelajaran paradigma baru, yaitu...

Jawab : Mempertimbangkan kebutuhan capaian pembelajaran murid saat ini.


2. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat. Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?

Jawab : Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.


3. Capaian pembelajaran merupakan kompetensi yang disusun oleh satuan pendidikan sebagai dasar rancangan pembelajaran yang harus dilalui murid.

Jawab : Benar


4. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.

Jawab : Benar


5. Anak mulai merepresentasikan dunianya dengan kata dan gambar. Mereka mulai menggunakan bahasa serta gambar/simbol untuk menggambarkan suatu konsep yang konkret. Deskripsi tersebut menjelaskan kognitif anak pada tahapan...

Jawab : Pra-operasional


6.Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu...

Jawab : Konstruktivisme


7. Capaian pembelajaran merupakan satu-satunya acuan yang digunakan dalam menyusun program intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.

Jawab : Salah


8.Alur Tujuan Pembelajaran merupakan kompetensi pada capaian pembelajaran yang disusun dalam satu fase

Jawab : Benar


9. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali...

Jawab : Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru


10. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah...

Jawab : Memberikan pendampingan pada murid tersebut


11. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran apapun.

Jawab : Salah


12. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di SMP adalah...

Jawab : Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.


13. (1) Gaya Hidup Berkelanjutan.
(2) Sosial dan Budaya.
(3) Bineka Tunggal Ika
(4) Bangunlah Jiwa dan Raganya.
(5) Masyarakat Demokrasi.
(6) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.
(7) Cinta Tanah Air.

Beberapa tema yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tema program projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah...

Jawab : 1, 3, 4, dan 6.


14. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah...

Jawab : Bu Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.


15. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada semester ganjil, murid hanya mempelajari Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Pada semester genap murid hanya mempelajari Bahasa Inggris dan PKN.
(2) Pelaksanaan dan penilaian dilakukan secara terpadu antar-mata pelajaran.
(3) Setiap pembelajaran dilakukan terpisah antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya.

Pernyataan yang tepat mengenai kalimat-kalimat di atas adalah?

Jawab : Kalimat satu merupakan gambaran alokasi waktu blok, sedangkan kalimat tiga merupakan alokasi pembelajaran regular.


Demikianlah postingan tentang Soal Post Test Modul 2 | Topik Kurikulum Merdeka. Selanjutnya mungkin Bapak/Ibu Guru ingin membaca juga tentang:

Soal Post Test Modul 1 | Kurikulum Merdeka
Soal Post Test Modul 2 | Kurikulum Merdeka

Kumpulan Soal Post Test Pelatihan Mandiri Merdeka Mengajar (Lengkap!)


Terima kasih sudah berkunjung ke matematrick.com dan membaca artikelnya sampai tuntas. Semoga ada manfaat yag bisa didapat. Salam Guru Penggerak! Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan.

Dapatkan artikel terbaru:

1 Response to "Soal Post Test Modul 2 | Kurikulum Merdeka"

Manfaatkan kotak komentar di bawah ini untuk feed back dan sumbang saran. Terima kasih sudah ikut berkontribusi di blog Matematrick.